Satelit Terra deteksi 416 titik panas Sumatera

id Satelit Terra deteksi 416 titik panas Sumatera, titik api sumatera, jumlah titik api sumatera, kebakaran hutan

Satelit Terra deteksi 416 titik panas Sumatera

Ilustrasi. (FOTO ANTARA/FB Anggoro)

Pekanbaru (ANTARA Sumsel) - Satelit Terra pada Minggu mendeteksi kemunculan 416 titik panas di daratan Pulau Sumatera dan terbanyak di Provinsi Riau yang mencapai 294 buah.

Satuan Tugas (Satgas) Penanggulangan Bencana Kabut Asap Riau kepada pers lewat surat elektroniknya, Senin siang, menguraikan, "hotspot" Riau sekitar 51 titik berada di berbagai kecamatan Kabupaten Bengkalis.

Kemudian 27 lainnya terdeteksi di sejumlah wilayah Kota Dumai meliputi Kecamatan Sungai sembilan, Dumai Barat, Bukit Kapur, dan Kecamatan Medang Kampai.

Selanjutnya, 36 titik panas berada di Kabupaten Indragiri Hulu masing-masing di Kecamatan Kuala Cenaku, gaung, Kemoas, Kerintang dan Pasir Penyu serta Kecamatan Rengat.

Di Kabupaten Kampar, Satelit Terra merekam ada sebanyak 19 "hotspot", meliputi Kecamatan Tapung Hulu, Tapung, Koto Kampar, Kampar Kiri, Kampar Kiri Hilir, Kampar Kiri Tengah dan Gunung Sahilan.

Lima titik panas juga terekam berada di Kabupaten Kepulauan Meranti meliputi Kecamatan Merbau dan Tebing Tinggi Barat serta Tebing Tinggi Timur.

Sedangkan 13 "hotspot" lainnya berada di Kuantan Singingi meliputi Kecamatan Singingi, Kuantan Tengah, Pangean, Kuantan Mudik dan Singingi Hilir.

Kemudian 33 titik panas lainnya berada di Kabupaten Pelalawan, diantaranya berada di Kecamatan Teluk Meranti, Pangkalan Kerinci, Kecamatan Pelalawan, Bunut, dan Kecamatan Langgam, Pangkalan Kuras, Kerumutan serta Kecamatan Pangkalan Lesung dan juga Kecamatan Ukui.

Terbanyak berada di Kabupaten Rokan Hilir yakni 56 titik, meliputi Kecamatan Sinaboi, Pasir Limau Kapas, Kubu, Bangko, Simpang Kanan, Bagan Sinembah, Rimba Melintang, dan Bangko Pusako serta Kecamatan Tanah Putih Tanjung Melawan.

Kabupaten Rokan Hulu hanya ada delapan "hotspot" masing-masing di Kecamatan Bonai Darussallam, Kepenuhan dan Kecamatan Tambusai.

Sementara itu, di Kabupaten Siak ada 46 titik panas, meliputi Kecamatan Sungai Mandau, Kandis, Siak Sri Indrapura, Pusako, Sungai Apit, Minas, dan Tualang serta Kecamatan Koto Gasib.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, Said Saqlul Amri mengatakan, pihaknya bersama Satgas Penanggulangan Bencana Kabut Asap masih terus mengupayakan pemadaman, penegakkan hukum serta pemulihan situasi serta kesehatan masyarakat.