Pemerintah Gaza serukan 6.000 korban luka berat dirawat di luar negeri

id Gaza,korban luka parah,Israel,berita palembang, berita sumsel

Pemerintah Gaza serukan 6.000 korban luka berat dirawat di luar negeri

Arsip - Jumlah warga Palestina yang tewas meningkat menjadi 21.978 orang setelah pecahnya konflik Israel-Hamas pada 7 Oktober 2023, menurut Kementerian Kesehatan Palestina pada Senin (1/1/2023). (Xinhua)

Kota Gaza, Palestina (ANTARA) - Pemerintah di Gaza pada Ahad (7/1) menyerukan agar 6.000 korban luka serius dirawat di luar negeri di tengah bencana kemanusiaan akibat blokade dan serangan Israel yang hingga kini masih berlangsung.

Melalui pernyataan, kantor media di Gaza menjelaskan “situasi bencana” di bidang kesehatan akibat serangan Israel sejak 7 Oktober.

Menurutnya, 30 rumah sakit di wilayah kantong itu tidak dapat beroperasi saat lebih dari 58.000 orang terluka akibat agresi Israel.

“Kami meminta saudara-saudara kami di Mesir untuk segera membuka perbatasan Rafah dan mengizinkan evakuasi 6.000 korban luka serius dari Gaza guna mendapatkan perawatan sebab rumah sakit di Jalur Gaza tidak sanggup melayani pasien yang begitu banyak,” katanya. .

Hanya 10-20 korban luka yang katanya diizinkan untuk dievakuasi setiap hari. Situasi tersebut semakin membebani warga Palestina yang terluka, yang jumlahnya terus bertambah, seperti dikutip dalam pemberitaan itu.