Kemenag Sumsel gelar senam haji Indonesia

id Senam haji, musim haji, tanah suci, Kanwil Kemenag Sumsel

Kemenag Sumsel gelar senam haji Indonesia

Ratusan JCH Sumsel mengikuti senam haji di Asrama Haji Palembang, Minggu. ANTARA/Edo Purmana/24

Palembang (ANTARA) - Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Sumatera Selatan menggelar senam haji dan peragaan batik haji Indonesia yang digelar di lapangan Asrama Haji Palembang, Minggu.

Kepala Kanwil Kemenag Sumsel, Syafitri Irwan, mengatakan bahwa senam haji dan peragaan batik haji Indonesia ini digelar secara serentak di Indonesia.

"Untuk wilayah Sumsel kegiatan ini di pusatkan di Asrama Haji Palembang yang diikuti oleh seluruh Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) kloter dan nonkloter serta ratusan perwakilan jamaah calon haji (JCH) di seluruh kabupaten/kota," katanya.

Dia menjelaskan, senam haji yang dilaunching secara nasional ini memiliki banyak manfaat, terutama bagi jamaah lansia untuk menjaga kebugaran.

Hal itu dilakukan untuk memastikan kondisi JCH yang akan diberangkatkan ke Tanah Suci tahun ini dalam keadaan sehat sehingga dapat menjalankan ibadah haji dengan khusyuk.

"Gerakan senam haji yang sudah diperagakan ini dapat dipraktikkan seluruh JCH selama berada di rumah," harapnya.

Sementara petugas PPIH Kemenag Kabupaten OKU, Abdul Muis, mengaku kegiatan tersebut sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh JCH agar tetap bugar hingga waktu keberangkatan ke Tanah Suci nanti.

Menurut Muis, rangkaian ibadah haji merupakan ibadah fisik sehingga dibutuhkan kebugaran fisik dari JCH.

Oleh sebab itu, melalui senam haji diharapkan seluruh JCH memiliki kebugaran fisik agar nantinya dapat melaksanakan ibadah haji dengan lancar.

"Untuk Kabupaten OKU sendiri tahun ini akan memberangkatkan sebanyak 287 JCH sesuai kuota yang ditetapkan pemerintah," ujarnya.