Balai Karantina Palembangperketat lalu lintas hewan dan tumbuhan

id Balai Karantina Palembang, balai karantina, karantina hewan, perketat lalu lintas ikan, lalu lintashewan, tumbuhan, p

Balai Karantina Palembangperketat lalu lintas  hewan dan tumbuhan

Kepala Balai Karantina Palembang Azhar bersama wartawan senior saat FGD dengan wartawan di Palembang, Rabu (8/11). (ANTARA/Yudi Abdullah/23)

Palembang (ANTARA) - Balai Karantina Palembang terus memperketat lalu lintas hewan, ikan, dan tumbuhan, antarprovinsi dan antarnegara untuk mencegah masuknya virus atau hama penyakit melalui komoditas tersebut ke wilayah Sumatera Selatan (Sumsel).

"Untuk memperketat lalu lintas hewan, ikan, dan tumbuhan, ke provinsi dengan 17 kabupaten/kota itu ditingkatkan pengawasan dan pemeriksaan di bandara dan pelabuhan," kata Kepala Balai Karantina Palembang Azhar di Palembang, Rabu, pada FGD Peran Penting Media pada Organisasi dan Lembaga.

Ia mengatakan balai karantina merupakan garda terdepan pengawasan di pintu masuk dan keluar hewan, ikan, dan tumbuhan, dari suatu daerah atau negara.

Peran penting balai karantina terutama dalam melakukan pencegahan masuknya hewan, ikan, dan tumbuhan, dari luar negeri yang berpotensi membawa suatu hama penyakit atau virus yang dapat mengancam terganggunya ketersediaan pangan nasional, kata dia, selama ini belum banyak diketahui masyarakat.

Untuk lebih mengenalkan kepada masyarakat dan mendapat dukungan dalam melaksanakan peran penting balai karantina yang sekarang ini berada di bawah badan khusus yakni Badan Karantina Indonesia yang bertanggung jawab langsung ke Presiden, pihaknya berupaya meningkatkan sinergisitas dengan wartawan media massa cetak, elektronik, dan daring (online), dengan mengawalinya melalui acara FGD.