Tim Polres Ogan Komering Ulu padamkan karhutla di Sinar Peninjauan

id Peristiwa karhutla, kebakaran lahan, pemadaman api, Polres OKU

Tim Polres Ogan Komering Ulu padamkan karhutla di Sinar Peninjauan

Polisi berjibaku memadamkan api karhutla di Desa Karya Mukti, Sabtu. (ANTARA/Edo Purmana/23)

Baturaja (ANTARA) - Aparat Kepolisian Resor (Polres) Ogan Komering Ulu, Sumatra Selatan (Sumsel), berjibaku memadamkan api kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Desa Karya Mukti, Kecamatan Sinar Peninjauan, agar tidak menyebar luas hingga menimbulkan bencana kabut asap.

"Siang tadi sekitar pukul 11.00 WIB kami menerima laporan adanya lahan yang terbakar di desa setempat," kata Kapolres Ogan Komering Ulu (OKU) AKBP Arif Harsono di Baturaja, Sabtu.

Mendapat laporan tersebut pihaknya langsung mengerahkan puluhan personel kepolisian setempat yang tergabung dalam Tim Satgas Karhutla ke lokasi kebakaran untuk membantu memadamkan api.

Dalam melakukan pemadaman satu unit mobil tangki air dari Damkar pun diterjunkan untuk memadamkan api karhutla agar tidak menyebar luas ke lahan lainnya yang ada di sekitar lokasi kejadian.

"Setelah berjibaku selama beberapa jam, akhirnya petugas berhasil memadamkan api sehingga tidak menimbulkan kabut asap," jelasnya.

Kapolres menjelaskan lokasi lahan yang terbakar tersebut berada di area belakang PT Sumbawa yang ada di desa setempat.

"Jadi lokasi kebakaran ini masih berada di lahan milik PT Sumbawa," katanya.

Menurut Kapolres, PT Sumbawa tersebut sedang mengalihfungsikan lahan kayu karet diganti tanaman kelapa sawit seluas 40 hektare yang dibagi menjadi dua tempat.

"Untuk total lahan yang terbakar ini tercatat seluas sekitar 10 hektare  Kasus ini masih dalam proses penyidikan Polres OKU," ujarnya.