Bupati Ogan Komering Ulu tebar ribuan benih ikan di Sungai Ogan

id Tebar benih ikan, ikan air tawar, Sungai Ogan, Bupati OKU, Dinas Perikanan

Bupati Ogan Komering Ulu tebar ribuan benih  ikan di Sungai Ogan

Penjabat Bupati OKU Teddy Meilwansyah melepas ribuan ekor benih ikan di Sungai Ogan, Senin. (ANTARA/Edo Purmana/23)

Baturaja (ANTARA) - Penjabat (PJ) Bupati Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatra Selatan (Sumsel), Teddy Meilwansyah, menebar ribuan benih ikan di Sungai Ogan, Desa Karang Lantang, Kecamatan Muara Jaya, guna melestarikan ekosistem sungai.

"Kegiatan ini sebagai simbol komitmen pemerintah daerah (pemda) dalam melestarikan lingkungan dan ekosistem sungai agar tetap lestari," katanya di Baturaja, Senin.

Dia menjelaskan kegiatan tersebut dilakukan dalam upaya menambah jumlah populasi ikan air tawar, terutama di perairan Sungai Ogan, agar bertambah banyak.

Dalam kegiatan pelepasan atau restocking tersebut, lebih dari 2.000 benih ikan sungai berbagai jenis, seperti ikan nila dan baung, disebar di sungai agar berkembang biak.

"Hari ini juga dilakukan penanaman bibit pohon dalam upaya melestarikan lingkungan agar tetap hijau," ujarnya.

Sementara Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten OKU, Tri Aprianingsih, menjelaskan, kegiatan restocking tersebut dilakukan untuk menambah populasi ikan air tawar agar bertambah banyak guna memenuhi kebutuhan ikan bagi masyarakat di daerah itu.

Kegiatan restocking yang rutin dilakukan pihaknya sejak tahun 2017 tersebut, tercatat lebih dari 600 ribu benih ikan berbagai jenis mulai dari baung dan jelawat yang telah dilepas di perairan Sungai Ogan.

Melalui upaya-upaya ini, kata dia, diharapkan dapat meningkatkan populasi dan produksi ikan lokal yang sebelumnya mengalami penurunan akibat penangkapan yang ilegal sehingga kebutuhan masyarakat OKU dapat terpenuhi.

"Masyarakat juga kami imbau untuk melakukan penangkapan ikan dengan cara yang ramah lingkungan agar tidak membunuh ikan yang masih kecil, sehingga populasinya tidak punah," ujarnya.