Lanal Palembang tebar empat ribu ekor benih ikan

id TNI AL,Lanal ,Benih ikan

Lanal Palembang tebar empat ribu ekor benih ikan

Jajaran Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Palembang menabur 4.000 benih ikan lele dan nila merah di Palembang, Rabu (1/11/2023). (ANTARA/ HO - Lanal Palembang)

Palembang (ANTARA) -
Jajaran Pangkalan TNI Angkatan Laut di Kota Palembang melakukan penaburan  sebanyak empat ribu ekor benih ikan lele dan nila  merah dalam gerakan mendukung ketahanan pangan khususnya sumber protein di daerah itu.
 
"Kami menebar benih ikan yang dari Dinas Perikanan Provinsi Sumsel sebanyak dua ribu benih ikan lele dan dari Dinas Perikanan Kota Palembang ada dua ribu benih ikan nila merah," kata Komandan Pangkalan Angkatan Laut (Danlanal) Palembang Kolonel Laut (P) Sandy Kurniawan usai menebar benih ikan di Palembang, Rabu (1/11/2023).
 
Ia menerangkan kegiatan itu merupakan gerakan ketahanan pangan secara nasional yang dilaksanakan secara serentak di 384 lokasi diseluruh Indonesia, dalam rangkaian HUT TNI AL ke-78.
 
Selain melakukan penebaran benih ikan, Lanal Palembang juga berupaya memperkuat ketahanan pangan di Sumsel dengan melalukan beberapa upaya salah satunya dengan memanfaatkan lahan untuk penanaman jagung dengan luas lahan dua hektar.
 
"Selain menebar ikan kami juga sudah memanfaatkan lahan untuk tanaman jagung dengan luas lahan sementara sekitar dua hektare," katanya.
 
Ia menambahkan upaya lain juga terus dilakukan Lanal Palembang dengan melakukan penanaman sorgum dan vanili bekerja sama dengan PT Pusri di lahan uji coba milik PT Pusri.
 
"Selain itu kita sedang mencoba menanam sorgum juga bekerja sama dengan PT Pusri, dan juga kita masih tahap uji coba membudidayakan tanaman vanili di lahan milik PT Pusri," katanya.
 
Ia menargetkan jika tanaman sorgum dan vanili bisa tumbuh di iklim yang panas seperti daerah Sumsel nantinya akan terus dikembangkan.