Pemkot Palembang menyebar 2.000 benih ikan patin di Sungai Musi

id sumsel,palembang,penebaran benih,ikan,pemkot palembang,Pemkot Palembang sebar 2.000 benih ikan,sebar 2.000 benih ikan pa

Pemkot Palembang menyebar 2.000 benih ikan patin di Sungai Musi

Wakil Wali Kota Palembang Fitrianti Agustinda saat melepas 2.000 benih ikan di Sungai Musi, Kota Palembang, Sumatra Selatan, Rabu (10/5/2023). (ANTARA/Ahmad Rafli Baiduri)

Palembang (ANTARA) - Pemerintah Kota Palembang, Sumatra Selatan menyebar 2.000 benih ikan patin di Sungai Musi dalam rangka pelestarian sumber daya ikan dan menjaga ekosistem di perairan umum tersebut.

Wakil Wali Kota Palembang Fitrianti Agustinda di Palembang, Rabu, mengatakan, kegiatan itu dilakukan karena banyaknya laporan dari para nelayan yang sering mencari ikan di sungai tersebut, populasi beberapa jenis ikan itu sudah berkurang.

”Kegiatan ini akan terus dilakukan secara berkala, sehingga beberapa jenis ikan yang berkurang itu akan kembali bisa lestari,” katanya.
 

Selain itu, dengan adanya penambahan ikan bisa berkembang dan terpelihara, sehingga bisa dimanfaatkan oleh masyarakat Kota Palembang dengan baik.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Perikanan Kota Palembang Romli mengatakan, penebaran benih ikan itu merupakan program rutin untuk menjaga kelangsungan ekosistem dan juga dapat memperbaiki perairan.

”Penebaran benih ikan itu bertujuan menjaga kelangsungan ekosistem ikan tersebut ditempatkan di tempat yang memang menjadi sumber kehidupan ikan dan itu merupakan program rutin dari Dinas Perikanan Kota Palembang,” ucapnya.
 

Menurut dia, ikan yang ditebar dapat meningkatkan angka konsumsi protein hewani bersumber ikan bagi masyarakat di sekitar sungai tersebut.

Dinas Perikanan Kota Palembang mengimbau agar para nelayan ikut menjaga jenis ikan yang populasinya tinggal sedikit, seperti ikan belido dan gabus.

”Apabila para nelayan ketika memancing mendapatkan ikan tersebut, kami meminta agar melepasnya kembali sehingga jenis ikan itu tidak punah,” kata Romli.
 



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Pemkot Palembang sebar 2.000 benih ikan patin di Sungai Musi