LP3L Kabupaten OKU tanam 1.000 bibit pohon dan sebar ribuan benih ikan

id Bibit pohon, benih ikan, gerakan menanam pohon, LP3L OKU, Universitas Baturaja,LP3L Kabupaten OKU tanam 1.000 bibit poho

LP3L Kabupaten OKU tanam 1.000 bibit pohon dan  sebar ribuan benih ikan

LP3L OKU menebar ribuan benih Ikan Gurami di embung Desa Mekar Jaya, Rabu. (ANTARA/Edo Purmana/23)

Baturaja (ANTARA) - Lembaga Penelitian, Pengembangan dan Pembangunan Dampak Lingkungan (LP3L) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan melakukan gerakan menanam 1.000 batang bibit pohon dan menebar ribuan benih ikan dalam upaya melestarikan lingkungan sekitar.

Ketua LP3L OKU, Yunizir Djakfar di Baturaja, Rabu mengatakan, selain melestarikan lingkungan sekitar, gerakan tersebut juga dilakukan dalam rangka memperingati HUT LP3L ke 17 tahun 2023.

"Dalam kegiatan konservasi dan menebar benih ikan hari ini kami menggandeng Universitas Baturaja (Unbara) yang dilaksanakan di Desa Mekar Jaya, Kecamatan Sosoh Buay Rayap," katanya.

Dalam kegiatan tersebut pihaknya menyiapkan sebanyak 1.000 batang bibit pohon buah-buahan jenis durian, alpukat dan nangka untuk ditanam bersama masyarakat sekitar di perkarangan balai desa serta lahan kosong di Desa Mekar Jaya.

Sedangkan, sebanyak 2.000 ekor benih ikan jenis Gurami yang disiapkan tersebut ditebar di beberapa di embung yang ada di desa setempat.

"Setiap perayaan HUT LP3L OKU kami selalu merayakannya di desa-desa dengan membagikan bibit pohon dan benih ikan. Kali ini sasaran kegiatan difokuskan di Desa Mekar Jaya," jelasnya.

Hal tersebut dilakukan untuk mengajak masyarakat agar semakin cinta lingkungan dengan gemar menanam pohon untuk penghijauan.

Selain itu, hasil panen dari tanaman dan benih ikan itu juga diharapkan dapat membantu meningkatkan perekonomian masyarakat di daerah itu.

"Kami pun berharap bibit yang ditanam dan ditebar hari ini dapat dijaga dan dikembangbiakkan dengan baik sehingga hasil panen nanti bisa membantu masyarakat," harapnya.

Sementara, Rektor Unbara, Lindawati menambahkan bahwa 19 tahun LP3L Kabupaten OKU telah berkiprah dan banyak memberikan kontribusi bagi masyarakat di wilayah setempat.

"Harapan kami Unbara dan LP3L bermanfaat bagi masyarakat di OKU. Saya pun berharap bibit pohon ini dapat berbuah dengan baik begitu juga dengan bibit ikan sehingga dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Desa Mekar Jaya," ujarnya.