Dokter: Gangguan mata pada pengidap diabetes akibatkan kebutaan jika dibiarkan

id Diabetes,Gangguan mata,berita sumsel, berita palembang,dr. Rova Virgana SpM

Dokter: Gangguan mata pada pengidap diabetes akibatkan kebutaan jika dibiarkan

Arsip foto - Warga menjalani pemeriksaan mata di Pendopo Delta Wibawa Sidoarjo, Jawa Timur, Rabu (25/1/2023). Pemeriksaan mata gratis yang diikuti 250 warga dan diselenggarakan oleh Rumah Sakit Mata Fatma tersebut bertujuan mengajak masyarakat untuk melindungi kesehatan mata mereka dari gangguan penglihatan hingga kebutaan. ANTARA FOTO/Umarul Faruq/nym.

Jakarta (ANTARA) - Dokter Spesialis Mata dr. Rova Virgana SpM(K) menyebutkan gangguan mata pada pengidap diabetes bisa mengakibatkan kebutaan jika dibiarkan terlalu lama.
 
"Pada pengidap diabetes bisa terjadi gangguan retinopati diabetik, kalau didiamkan sarafnya akan berprogres dan mengakibatkan kebutaan," kata dr. Rova dalam diskusi mengenai komplikasi diabetes pada mata yang diikuti secara daring di Jakarta, Jumat.
 
dr. Rova mengatakan pentingnya kesadaran akan gangguan mata bagi pengidap diabetes harus ditanamkan sejak awal dengan memeriksakan kondisi mata ke dokter agar tidak memburuk.
 
Dia mengatakan jika pengidap diabetes memeriksakan matanya sejak awal maka akan mencegah dari dampak gangguan mata yang lebih buruk lagi.
 
"Periksa ke dokter mata, katakan saya mengidap diabetes. Jika anda sadar bahwa anda belum lama mengidap diabetes, maka risiko yang lebih berat lagi dapat dicegah," kata dokter yang praktik di RS Mata Cicendo Bandung, Jawa Barat itu.
 
Dia mengatakan jika pasien memeriksakan dirinya sejak awal maka dokter bisa mengetahui kondisi mata pasien lebih cepat. Umumnya jika belum memiliki gejala maka tindakan yang diambil hanya kontrol tahunan.