Muba salurkan 390 ton beras bagi warga pra sejahtera

id beras bantuan, ramadhan, idul fitri,sekayu, sumsel

Muba salurkan 390 ton beras bagi warga pra sejahtera

Pemerintah Kabupaten Muda menyalurkan 390 ton beras cadangan pemerintah bagi 39 ribu warga pra sejahtera atau kurang mampu di daerah itu. (ANTARA/HO/Diskominfo)

Sekayu, Muba (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Muda menyalurkan 390 ton beras cadangan pemerintah bagi 39 ribu warga pra sejahtera atau kurang mampu di daerah itu.

"Total sebanyak 390 ton beras yang kita salurkan hari ini, semoga bisa mengurangi beban untuk konsumsi pangan warga pra sejahtera di Muba jelang perayaan Idul Fitri 1444 H," kata Pj Bupati Apriyadi Mahmud di Sekayu, Kamis.

Selain beras, bantuan yang disalurkan di momen Bulan Ramadhan dan menjelang Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriyah itu juga  unggas ayam dan telur.

"Totalnya 39.004 kilogram unggas ayam dan 39.004 telur," terangnya.

Beras bantuan yang disalurkan tersebut menurut dia harus tepat sasaran dan berdampak langsung bagi masyarakat yang membutuhkan.

Ia mewanti-wanti kepada tim lapangan dan distribusi agar penyaluran dilakukan sesuai data dan benar-benar diterima oleh mereka yang membutuhkan.

"Penyalurannya harus tepat sasaran, jangan menyimpang," tegasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Muba  Ali Badri  mengatakan tujuan dari penyaluran bantuan pangan pemerintah di Kabupaten Musi Banyuasin itu, untuk mengurangi beban pengeluaran keluarga pra sejahtera akan pangan sehingga sesuai dengan targetnya menangani kerawanan pangan.

Selain itu juga bagian dari upaya meminimalisasi kemiskinan, stunting dan gizi buruk, keadaan darurat, melindungi produsen dan konsumen dan mengendalikan dampak inflasi.
]

Penyaluran bantuan pangan itu, kata Ali Badri dilakukan sebanyak tiga  kali, yaitu pada bulan April, Mei dan Juni2023. Kegiatan ini merupakan kolaborasi antara Badan Pangan Nasional (Bapanas), Kementerian Sosial (Kemensos), Perum Bulog Dan Transportir PT Pos Indonesia.