Bupati OKU tinjau tebing yang longsor di Gunung Tiga

id tebing longsor OKU,tanah longsor,ogan komering ulu

Bupati OKU tinjau tebing yang longsor di Gunung Tiga

Penjabat Bupati OKU Teddy Meilwansyah meninjau tebing yang longsor di Kecamatan Ulu Ogan pada Rabu (15/3/2023). (ANTARA/Edo Purmana/23)

Baturaja (ANTARA) - Penjabat Bupati Ogan Komering Ulu (OKU) Teddy Meilwansyah telah meninjau tebing setinggi 20 meter yang longsor di Desa Gunung Tiga, Kecamatan Ulu Ogan.

Di Baturaja, OKU, Sumatera Selatan, Rabu, Teddy menyampaikan bahwa pengecekan lokasi dilakukan untuk menentukan tindakan yang bisa dilakukan guna mencegah kejadian serupa berulang dan berdampak pada warga di sekitarnya.

Pemerintah Kabupaten OKU berencana membangun siring dan memasang besi turap pada tebing sebagai penahan sementara agar tebing tidak longsor lagi dan mengancam keselamatan warga saat hujan turun.

"Dua rumah warga di sekitar lokasi saat ini sudah dikosongkan sementara waktu untuk mengantisipasi korban jiwa," kata Teddy.

Bupati mengimbau warga tetap waspada serta segera melapor ke aparat pemerintah jika bencana alam terjadi di lingkungan tempat tinggal.

Tanah longsor yang terjadi setelah hujan dengan intensitas tinggi mengguyur wilayah Kecamatan Ulu Ogan pada Jumat (10/3) menyebabkan dua rumah warga di Desa Gunung Tiga rusak ringan dan lalu lintas kendaraan di jalan yang terdampak tanah longsor terganggu.

"Kami sudah memasang rambu-rambu peringatan dini bahaya bencana alam agar masyarakat meningkatkan kewaspadaan supaya tidak menimbulkan korban jiwa," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah OKU, Amzar Kristopa.