Damkar OKU Timur peroleh kado di HUT ke-104 Pasukan Pemadam

id Armada damkar, pemadam kebakaran, mobil ambulans, hibah Kemendagri, Pemkab OKU Timur

Damkar OKU Timur peroleh kado di HUT ke-104 Pasukan Pemadam

Bupati OKU Timur Lanosin Hamzah (kiri) didampingi Kasat Pol PP dan Damkar setempat, Vikron. (ANTARA/Edo Purmana/23)

Martapura (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Timur, Sumatera Selatan menerima hibah kendaraan pemadam kebakaran (Damkar) dan ambulans dari Kemendagri dalam dalam rangkaian HUT ke-104 tahun 2023 Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Republik Indonesia.

Bupati OKU Timur Lanosin Hamzah di Martapura, Rabu mengatakan, dua unit mobil damkar dan satu unit ambulans ini diserahkan langsung oleh pihak Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui Direktorat Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta Pusat pada Selasa (28/2).

"Alhamdulillah Pemkab OKU Timur mendapatkan hibah dua unit mobil damkar dan satu unit ambulans untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat," katanya.

Menurut dia, fasilitas hibah ini merupakan salah satu bentuk pembinaan Kemendagri terhadap penyelenggaraan sub urusan damkar dalam mengoptimalkan pelayanan mengatasi bencana kebakaran di wilayah itu.

Dengan adanya penambahan armada ini diharapkan dapat meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dalam memadamkan api musibah kebakaran di OKU Timur.

"Terlebih lagi sebentar lagi memasuki musim kemarau panjang yang biasanya rentan terjadi kebakaran khususnya di kawasan padat penduduk di OKU Timur," ujarnya.

Sementara, Kepala Satuan (Kasat) Pol PP dan Damkar OKU Timur, Vikron mengaku bersyukur atas diterimanya bantuan hibah dari Kemendagri tersebut dalam upaya meningkatkan pelayanan kerja para personelnya.

Ia mengatakan bahwa kendaraan operasional tersebut berasal dari Negara Jepang yang kualitasnya sudah diakui dunia.

"Butuh waktu yang cukup panjang untuk mendapatkan hibah kendaraan operasional dari Kemendagri ini," ujarnya.

Kendaraan operasional tersebut nantinya akan ditempatkan di Kecamatan Cempaka dan Posko Lapangan Taman Tani Merdeka, Kecamatan Martapura, sedangkan mobil ambulans akan disiagakan di Posko 2 Belitang.

"Diharapkan dengan adanya bantuan armada ini dapat memberikan semangat baru bagi para personel kami dalam menjalankan tugas di lapangan," harapnya.