Kantor Imigrasi Palembang kerahkan 25 petugas layani pemberangkatan kloter I embarkasi Palembang

id Imigrasi Palembang, layani pemberangkatan jch, jch, calon haji, embarkasi palembang, imigrasi

Kantor Imigrasi Palembang kerahkan 25 petugas layani pemberangkatan kloter I embarkasi Palembang

Petugas Imigrasi Palembang melakukan pemeriksaan paspor JCH yang berangkat perdana melalui Embarkasi Palembang, Ahad (12/5/2024). (ANTARA/Yudi Abdullah)

Palembang (ANTARA) - Kantor Imigrasi Kelas I Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Palembang menurunkan 25 orang petugas untuk melakukan pelayanan pemeriksaan dokumen keimigrasian saat pemberangkatan perdana 450 jamaah calon haji (JCH) asal Sumatera Selatan.

"Hari ini sejak pukul 03:00 WIB, 25 petugas Imigrasi mulai melakukan pemeriksaan dan peneraan cap pada paspor JCH yang dijadwalkan berangkat perdana melalui Embarkasi Haji Palembang Bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II," kata Ketua Satgas Pemberangkatan Haji Imigrasi Palembang Adep Yoenoes, di Palembang, Ahad.

Dia menjelaskan berdasarkan data Kanwil Kementerian Agama Sumsel dan pemeriksaan paspor dalam pemberangkatan perdana JCH atau kelompok terbang (kloter) pertama musim haji 1445 Hijriah/2024 M adalah jamaah asal Kota Palembang dan Kabupaten Musi Banyuasin.

Jamaah haji kloter pertama mencapai 450 orang dengan rincian 241 orang laki-laki dan 209 orang perempuan.



Pemeriksaan paspor/entry data perlintasan jamaah calon haji menggunakan sistem manajemen pengawasan wilayah perbatasan (Border Control Management - BCM) dan peneraan cap oleh petugas dilakukan di Asrama Haji Kota Palembang.

Kemudian dilanjutkan dengan pemeriksaan barang bawaan JCH dilaksanakan oleh petugas Angkasa Pura dengan menggunakan X-ray.

Selanjutnya JCH diberangkatkan dengan menggunakan 11 bus dari asrama haji menuju Bandara SMB II pukul 05:00 WIB didampingi petugas Kantor Imigrasi Palembang.

Pemberangkatan 450 JCH kloter pertama Embarkasi Palembang menggunakan pesawat Saudi Arabian Airlines dengan nomor penerbangan SV5795, Ahad pukul 07:45 WIB, kata Kasatgas yang juga Kasilantaskim Imigrasi Palembang Adep Yoenoes.

Sementara Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Palembang Mohammad Ridwan menambahkan pihaknya menurunkan tiga tim untuk melakukan pelayanan pemberangkatan JCH asal Sumatera Selatan dan Bangka Belitung yang dijadwalkan berangkat melalui Embarkasi Haji Bandara SMB II mulai 12 Mei 2024.



"Untuk melakukan pelayanan pemeriksaan paspor 8.506 calon haji asal Sumsel dan Babel yang tergabung dalam 19 kloter itu diturunkan tiga tim dengan anggota masing-masing tim 25 orang," ujarnya.

Pemberangkatan gelombang pertama yakni kloter 1 - 9 mulai 12 - 23 Mei 2024, sedangkan gelombang kedua kloter 10 -19 mulai berangkat pada 24 Mei hingga 4 Juni 2024.

Pemberangkatan calon haji asal Bangka Belitung (Babel) yang tergabung dalam kloter 4, 5, dan 6 pada gelombang pertama, jelas Ridwan.

Kepala Kanwil Kemenkumham Sumsel Ilham Djaya menginstruksikan kepada Satgas Imigrasi Palembang untuk memberikan pelayanan prima kepada JCH seperti yang telah diakui masyarakat dan Kemenag pada tahun-tahun sebelumnya.

"Dengan melihat pelayanan keimigrasian pada pemberangkatan perdana hari ini dan pengalaman petugas selama ini, saya memastikan JCH asal Sumsel dan Babel yang berangkat ke Arab Saudi melalui Embarkasi Haji Palembang mendapat pelayanan terbaik," ujar Kakanwil Ilham di dampjngi
Kadiv Imigrasi Filianto Akbar.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: 25 petugas Imigrasi Palembang layani pemberangkatan perdana 450 JCH