Pemkab OKU Timur bagikan 40.322 kartu tani untuk beli pupuk bersubsidi

id Kartu tani, pupuk bersubsidi, distributor pupuk, kios pengecer, Pemkab OKU Timur

Pemkab OKU Timur bagikan 40.322 kartu tani untuk beli pupuk bersubsidi

Petani tengah beraktivitas. ANTARA/M Riezko Bima Elko P

Martapura, Sumsel (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Timur, Sumatera Selatan, membagikan sebanyak 40.322 kartu tani untuk petani di wilayahnya membeli pupuk bersubsidi dari pemerintah.

"Sampai saat ini Kabupaten OKU Timur sudah mendistribusikan sebanyak 40.322 kartu tani," kata Sekretaris Daerah Pemkab OKU Timur Jumadi di Martapura, Sumsel, Rabu.

Dia mengatakan bahwa pendistribusian kartu tani tersebut dilakukan pihaknya secara bertahap sejak tahun lalu dan hingga saat ini sudah tersalurkan sesuai target sasaran.

"Hingga saat ini tercatat sebanyak 40.322 petani di Kabupaten OKU Timur yang terdaftar di Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (RDKK) sudah mengantongi kartu tersebut," katanya.

Para petani pemegang kartu tani sudah dapat melakukan pembelian pupuk bersubsidi dari pemerintah di kios pengecer dengan harga terjangkau menggunakan kartu tersebut.

Untuk alokasi pupuk bersubsidi, kata dia, pada tahun ini Kabupaten OKU Timur mendapat kuota jenis urea sebanyak 44.973 ton dan NPK 31.554 ton.

Menurut dia, jumlah tersebut meningkat dibandingkan tahun sebelumnya yaitu urea hanya sebanyak 32.736 ton, sedangkan NPK 19.130 ton.

Kuota pupuk yang baru tersebut, kata dia, diupayakan segera bisa sampai ke para petani menjelang musim tanam tahun ini.

"Saat ini, petani di OKU Timur tidak perlu khawatir lagi terkait kelangkaan pupuk bersubsidi," tegasnya.

Pihaknya pun akan membentuk tim untuk melakukan pengawasan secara ketat di tingkat distributor agar pupuk bersubsidi dari pemerintah pusat tersalurkan tepat sasaran.

"Pengawasan dari distributor ke pengecer kami pastikan dilakukan secara ketat. Namun, dari pengecer kepada kelompok tani masih kami cari formulanya agar bisa tersalurkan dengan baik," ujarnya.