Bupati Ogan Komering Ulu tebar 11 ribu benih Ikan Patin di Desa Bunga Tanjung

id Tebar benih ikan, Ikan Patin, budidaya ikan air tawar, Bupati OKU, Desa Bunga Tanjung

Bupati Ogan Komering Ulu tebar 11 ribu benih Ikan Patin di Desa Bunga Tanjung

Penjabat Bupati OKU, Teddy Meilwansyah melepas 11 ribu benih ikan Patin di kolam budidaya di Desa Bunga Tanjung, Jumat. (ANTARA/Edo Purmana/22)

Baturaja (ANTARA) - Penjabat Bupati Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan, Teddy Meilwansyah menebar sebanyak 11 ribu ekor benih Ikan Patin di Desa Bunga Tanjung, Kecamatan Lengkiti dalam upaya mendukung ketahanan pangan hewani di daerah itu.

"Ada 11 ribu benih ikan yang dilepas hari ini di kolam budidaya ikan air tawar di Desa Bunga Tanjung," kata Penjabat Bupati OKU, Teddy Meilwansyah di Baturaja, Jumat.

Dia menjelaskan, belasan ribu benih ikan yang dilepas tersebut merupakan pengadaan dari program ketahanan pangan Desa Bunga Tanjung.

Melalui dana desa tahun ini, Pemerintah Desa Bunga Tanjung membudidayakan Ikan Patin di kolam buatan yang dikelola oleh masyarakat melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) setempat.

Menurut dia, apa yang dilakukan masyarakat desa ini dapat menjadi contoh bagi desa-desa lainnya untuk memberdayakan masyarakatnya melalui budidaya beraneka ragam jenis ikan air tawar yang memiliki nilai jual tinggi.

"Dengan cara ini masyarakat dapat mandiri dan bukan hal yang mustahil dapat menjadikan Kabupaten OKU sebagai sentral Ikan Patin terbesar di Sumsel," katanya.

Untuk itu, Bupati mengingatkan kepada masyarakat agar bibit ikan yang sudah dilepas ini dijaga dan dirawat serta dikelola dengan sebaik mungkin demi mewujudkan ketahanan pangan desa yang lebih baik.

"Diharapkan bibit ikan yang telah dilepas dapat berkembang biak sehingga bermanfaat untuk masyarakat luas," katanya.

Ia pun berharap dengan adanya program ini dapat membantu membuka peluang usaha di bidang perikanan sehingga bisa meningkatkan perekonomian masyarakat di wilayah itu.

"Kami berharap melalui program ketahanan pangan hewani ini, hasil panen nanti dapat meningkatkan ekonomi masyarakat di Desa Bunga Tanjung," harapnya.