Kabupaten OKU siapkan bantuan 30 kolam ikan untuk budi daya ikan gabus

id Budidaya ikan, ikan gabus, ikan air tawar, pembudidaya ikan, bantuan kolam ikan, Pemkab OKU

Kabupaten OKU siapkan bantuan 30 kolam ikan untuk budi daya ikan gabus

Pejabat Bupati OKU, Teddy Meilwansyah meninjau budidaya ikan gabus di Desa Marta Jaya, Jumat. (ANTARA/Edo Purmana/22)

Baturaja (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan menyiapkan bantuan sebanyak 30 kolam ikan buatan untuk budi daya ikan gabus yang dikelola oleh masyarakat Desa Marta Jaya, Kecamatan Lubuk Raja.

Pejabat Bupati OKU, Teddy Meilwansyah di Baturaja, Sumsel, Rabu mengatakan, Desa Marta Jaya berpotensi menjadi pusat pengembangan budi daya ikan gabus karena memiliki sarana dan prasarana memadai dalam beternak ikan jenis air tawar tersebut.

"Kami sangat mendukung sekali karena pembudidayaan ikan gabus dapat menjadikan Kabupaten OKU sebagai sentral ikan gabus terbesar di Sumsel," kata Teddy Meilwansyah.

Sebagai bentuk dukungan pihaknya memberikan bantuan sebanyak 30 kolam ikan buatan agar budi daya ikan jenis air tawar ini semakin berkembang.

"Bantuan kolam ikan ini untuk mempermudah pembudi daya dalam membudidayakan ikan gabus," ujarnya.

Bahkan, lanjutnya, untuk memperlancar agar kolam ikan ini berkembang, Pemkab OKU juga memberikan bantuan dua unit alat pembuat pakan ikan.

Selain itu, ujar dia, pihaknya juga menggandeng Bank Sumsel Babel (BSB) untuk memfasilitasi pinjaman modal bagi pembudi daya agar usaha yang digeluti semakin berkembang.

Bupati meyakini melalui upaya-upaya ini dapat menjadikan Desa Marta Jaya menjadi sentral ikan gabus terbesar di Provinsi Sumatera Selatan sehingga perekonomian masyarakat di daerah itu bisa semakin meningkat.

"Apalagi ikan gabus ini sangat familiar di tengah masyarakat Sumsel dan memiliki nilai jual tinggi sehingga hasil panennya nanti diyakini dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat di Desa Marta Jaya," ujar dia.