PDAM OKU kerahkan puluhan petugas memperbaiki pipa bocor

id Pipa bocor, distribusi air bersih, perbaikan jaringan, pelanggan PDAM, PDAM Tirta Raja

PDAM OKU kerahkan puluhan petugas memperbaiki pipa bocor

Petugas PDAM Tirta Raja Kabupaten OKU melakukan pengurasan lumpur di unit pelayanan Pasar Induk, Kelurahan Batukuning. (ANTARA/Edo Purmana/Arsip)

Baturaja (ANTARA) - PDAM Tirta Raja Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan mengerahkan puluhan orang petugas untuk memperbaiki pipa induk di Instalasi Pengolahan Air (IPA) Unit Batukuning yang bocor agar distribusi air bersih yang mengalir ke pipa pelanggan kembali lancar.

"Hingga hari ini perbaikan masih terus dilakukan petugas kami di lapangan mengingat kebocoran pipa cukup parah," kata Direktur PDAM OKU, Abi Kusno melalui Kasubsi Humas dan Hubal, Elfanko di Baturaja, Minggu.

Dia menjelaskan, kebocoran pada pipa induk yang terjadi sejak tiga hari lalu tersebut disebabkan karena faktor usia pada karet fleksibel intake sehingga sudah layak diganti baru.

Hal tersebut berdampak pada distribusi air bersih pelanggan mengalami gangguan secara total khususnya di sebagian wilayah Kecamatan Baturaja Barat hingga proses perbaikan selesai dilakukan petugas di lapangan.

Baca juga: PDAM Tirta Raja OKU optimalisasikan distribusi air bersih ke pelanggan

"Petugas di lapangan masih berjibaku melakukan pergantian pipa yang bocor. Selama proses perbaikan suplai air terpaksa dihentikan sementara waktu," kata dia.

Adapun wilayah yang terdampak gangguan yaitu sebagian pelanggan di Kecamatan Baturaja Barat antara lain Perumahan Talang Kibang, Perum Baturaja Residen dan seputaran kawasan Batukuning.

"Proses perbaikan diprediksi berlangsung selama dua hari kedepan," ujarnya.

Selama itu pula, ia mengimbau kepada seluruh pelanggan khususnya di wilayah terdampak gangguan agar menghemat penggunaan air bersih untuk kebutuhan sehari-hari.

"Atas ketidaknyamanan ini kami mohon maaf dan kami upaya perbaikan sesegera mungkin rampung agar suplai air kembali lancar," ujarnya.
Baca juga: Pembangunan mega proyek PDAM Tirta Raja OKU tertunda akibat defisit anggaran