PDAM Tirta Raja OKU atasi atasi cepat pipa bocor

id Pipa bocor, air bersih, pelanggan PDAM, PDAM Tirta Raja

PDAM Tirta Raja OKU atasi atasi cepat pipa bocor

Petugas PDAM Tirta Raja Kabupaten OKU melakukan pengurasan lumpur di unit pelayanan Pasar Induk, Kelurahan Batukuning. (ANTARA/Edo Purmana/23)

Baturaja (ANTARA) - PDAM Tirta Raja Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatra Selatan mengatasi gangguan distribusi air bersih pelanggan di sebagian wilayah Kecamatan Baturaja Barat yang terganggu akibat pipa bocor.

Kasubsi Humas PDAM Tirta Raja Elfanco di Baturaja, Rabu mengatakan pasokan air bersih pelanggan di Desa Terusan dan Batukuning, Kecamatan Baturaja Barat terganggu sejak Minggu (6/8) pagi akibat pipa induk pecah hingga mengalami kebocoran.

"Pecahnya pipa induk terdeteksi di bawah jalan raya Lintas Sumatera depan Mapolres OKU yang diduga pecah karena tekanan tanah," ungkapnya.

Hal tersebut berdampak pada distribusi air bersih ribuan pelanggan di wilayah itu terganggu, bahkan air tidak mengalir sejak beberapa hari terakhir.

Saat ini pihaknya telah menerjunkan puluhan petugas yang berjibaku menggali tanah guna mencari titik kebocoran agar diganti pipa baru.

Perbaikan pun sempat mengalami kendala mengingat posisi pipa yang pecah berada di bawah jalan nasional.

"Perbaikan masih berlangsung dengan estimasi pengerjaan selama 2-3 hari. Mudah-mudahan besok distribusi air bersih sudah normal kembali," ujarnya.

Terkait gangguan ini, ia meminta maaf ke masyarakat dan mengimbau agar para pelanggan menghemat penggunaan air bersih selama proses perbaikan agar mencukupi kebutuhan sehari-hari.

"Khususnya pelanggan di wilayah yang terdampak gangguan diharapkan bijak dan menghemat penggunaan air bersih selama proses pengerjaan dilakukan petugas kami di lapangan," ujar dia.