Polres OKU tingkatkan patroli cegah aksi kriminalitas

id Patroli, Kamtibmas, rawan kejahatan, aksi kriminalitas, Polres OKU

Polres OKU tingkatkan patroli cegah aksi kriminalitas

Kapolres OKU AKBP Danu Agus Purnomo. (ANTARA/Edo Purmana/22)

Baturaja (ANTARA) - Kepolisian Resor Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan meningkatkan patroli di sejumlah lokasi rawan kejahatan untuk mencegah aksi kriminalitas seperti pembegalan yang marak terjadi di daerah itu.

"Kabupaten OKU saat ini sedang tidak baik-baik karena sering terjadi tindak kriminalitas sejak beberapa bulan terakhir," kata Kapolres OKU, AKBP Danu Agus Purnomo melalui Kasi Humas AKP Syafaruddin di Baturaja, Rabu.

Menyikapi hal itu pihaknya meningkatkan patroli dan menyebar anggota di sejumlah titik rawan kejahatan agar aksi kriminalitas dapat dicegah sedini mungkin.

Dia menjelaskan, kegiatan tersebut dilakukan sebagai bentuk pelayanan kepolisian dalam memberi rasa aman kepada masyarakat khususnya pada jam rawan dari aksi kejahatan pencurian dan tindak kriminalitas lainnya.

Patroli rutin oleh Satuan Lalulintas Polres OKU dan seluruh polsek jajaran ini dilakukan di sekitar Kota Baturaja yang dianggap rawan terjadi gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas).

Seperti di kawasan Gedung Olahraga (GOR) yang dinilai sepi sehingga menjadi sasaran pengawasan petugas, termasuk juga sejumlah gerai ATM yang tersebar di Kota Baturaja karena sering kali dimanfaatkan pelaku untuk melakukan aksi kejahatan.

"Saat patroli di seputaran Stadion Gor Kemiling Baturaja beberapa hari lalu, petugas mendapati sekumpulan anak muda kemudian dilakukan razia," ujarnya.

Setelah dilakukan pemeriksaan, personel menemukan sebilah senjata tajam jenis pisau disalah satu kendaraan milik remaja yang saat itu sedang nongkrong.

"Di lokasi petugas mengamankan satu orang pemuda pemilik senjata tajam tersebut dan empat unit sepeda motor yang tidak dilengkapi dokumen kendaraan serta memakai knalpot brong," kata dia.