Polda Sumsel antisipasi kamtibmas pasca-putusan MK terkaitl Pilpres 2024

id Polda Sumsel,Kamtibmas di Sumsel,Pemilu di Sumsel

Polda Sumsel antisipasi kamtibmas pasca-putusan MK terkaitl Pilpres 2024

Polda Sumsel tingkatkan antisipasi kamtibmas putusan MK pilpres 2024. (ANTARA/ HO- Polda Sumsel)

Palembang (ANTARA) -
Kepolisian Daerah (Polda) Sumatra Selatan meningkatkan antisipasi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di wilayah hukum setempat pasca-putusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait persoalan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.
 
"Dalam mengantisipasi potensi ketegangan pasca-pengumuman, Polda Sumsel telah memberikan respons dengan mengimbau kepada masyarakat pendukung pasangan calon di wilayah Sumsel untuk menjaga perdamaian," kata Kabid Humas Polda Sumsel Kombes Pol Sunarto dikonfirmasi di Palembang, Senin.
 
Ia menegaskan bahwa sikap waspada dan kehati-hatian diperlukan dalam menghadapi situasi pasca dan putusan karena itu masyarakat perlu diingatkan untuk mengedepankan dialog dan penyelesaian perbedaan pendapat secara damai guna menjaga stabilitas dan kedamaian di wilayah Sumsel.
 
"Dalam momen ini juga kami masih menggelar dan melaksanakan Operasi Mantap Brata Musi 2024 guna terus menjaga Kamtibmas di Sumsel," katanya.
 
Ia menambahkan langkah-langkah proaktif seperti ini diharapkan mampu meredam potensi gesekan atau konflik yang mungkin timbul sebagai dampak dari putusan MK dan Polda Sumsel tetap Siaga.
 
"Dengan demikian, diharapkan pengumuman putusan MK terkait sengketa Pilpres 2024 dapat berlangsung dengan lancar dan damai, tanpa gangguan keamanan," ucapnya.
 
Sebelumnya, Polda Sumsel dan jajaran intensif melakukan ketertiban bersama personel Dit Samapta Polda Sumsel untuk melakukan patroli di sekitar wilayah jajaran Polda Sumsel
 
"Patroli dilakukan di sekitar wilayah jajaran Polda untuk memastikan keamanan dan ketertiban masyarakat tetap terjaga, terutama di kawasan keramaian," tutup nya.