Polda Sumsel lengkapi satuan kerja dengan multi media center

id Satker, Polda Sumsel, multi media center, command center, hatkamtibmas, kamtibmas

Polda Sumsel lengkapi satuan kerja dengan multi media center

Mapolda Sumsel   (ANTARA/Yudi Abdullah/24)

Palembang (ANTARA) - \
Polda Sumatera Selatan melengkapi satuan kerja  di lingkungan institusi itu dengan "mobile command center' dan multi media center untuk mendukung kegiatan pemeliharaan keamanan serta ketertiban masyarakat (harkamtibmas).

"Salah satu satuan kerja yang dilengkapi 'mobile command center' dan multi media center untuk mendukung harkamtibmas serta mewujudkan Polri Presisi yakni Bidang Humas," kata Kabid Humas Polda Sumsel Kombes Pol Sunarto di Palembang, Kamis.

Dia menjelaskan, dengan dilengkapi 'mobile command center' dan multi media center, tim Bidang  Humas bisa meluruskan narasi  dalam pemberitaan maupun informasi yang beredar di media sosial guna mengedukasi atau menjelaskan kepada masyarakat.

Setidaknya ada enam platform mulai dari Youtube, Tiktok, Instagram, Twitter (X), Facebook dan media daring (online) yang menjadi perhatian untuk dipantau serta dilakukan analisa dan evaluasi (anev) sejauh mana berita/informasi yang akan diviralkan.

Kemudian melalui  'mobile command center' dapat digunakan secara bergerak (mobile)  untuk kegiatan di luar satker seperti kegiatan  konser dan acara lainnya yang  melibatkan banyak massa.

"Mobile command center dapat diturunkan menjadi markas komando yang ditempatkan di lokasi strategis yang dijamin keamanannya oleh tim khusus yang mem-backup keamanan kendaraan dan personel bertugas," ujar Kabid Humas Kombes Pol Sunarto.

Sementara Kapolda Sumsel  Irjen Pol A Rachmad Wibowo  mengatakan untuk mengoptimalkan  
'mobile command center' dan multi media center satker harus menyiapkan personel  yang dapat mengoperasikan peralatan tersebut.

"Satker harus memberdayakan personel yang ada dengan mengikutkan mereka dalam kegiatan pelatihan teknologi baik dalam maupun luar negeri sehingga memenuhi spesifikasi teknologi yang diharapkan,” ujar Kapolda Sumsel.