Statistik Grand Prix F1 Arab Saudi

id formula1,formula one,grand prix arab saudi, berita sumsel, berita palembang, antara palembang

Statistik Grand Prix F1  Arab Saudi

Pebalap Ferrari Charles Leclerc menjalani Grand Prix Qatar di Sirkuit Internasional Losail. (21/11/2021) (ANTARA/REUTERS/THAIER AL-SUDANI)

Jakarta (ANTARA) - Berikut ini statistik Grand Prix Arab Saudi yang akan menjadi balapan penultima musim Formula 1 pada Minggu seperti dilansir Reuters.

Jarak satu lap: 6,174km

Total jarak balapan:308,450km (50 lap)

Start: 20:30 waktu setempat atau 00:30 Senin (6/12) dini hari WIB

Arab Saudi akan menjadi negara ke-37 yang menggelar balapan Formula 1 dan Sirkuit Corniche di Jeddah menjadi sirkuit ke-75 dalam sejarah balapan F1.

Jeddah akan menjadi tuan rumah balapan malam hari kelima setelah Singapura, Abu Dhabi, Bahrain dan Qatar.

Sirkuit Corniche yang memiliki 27 tikungan merupakan trek terpanjang kedua di kalender, sekira 800m lebih pendek dari Spa-Francorchamps di Belgia.

Terletak di pesisi Laut Merah, Sirkuit Corniche akan menjadi trek jalan raya tercepat di F1 di mana mobil pebalap dapat melaju hingga 322kpj dan dengan kecepatan rata-rata 252,8kpj.

Jumlah kemenangan

Hamilton memegang rekor 102 kemenangan dalam kariernya, 81 di antaranya ia raih bersama Mercedes, dari 286 start balapan. Sang pebalap Inggris telah naik podium 180 kali.

Pemuncak klasemen sementara Max Verstappen dari tim Red Bull telah menang sembilan kali musim ini dibanding tujuh kemenangan yang diraih Hamilton. Pebalap Red Bull lainnya Sergio Perez, Esteban Ocon dari tim Alpine, Daniel Ricciardo dari McLaren dan Valtteri Bottas dari Mercedes masing-masing telah menang sekali musim ini.

Ferrari menjadi tim yang paling banyak mengantongi kemenangan yaitu di 238 balapan sejak 1950, McLaren 183, Mercedes 123, Williams 114 dan Red Bull 74.

Pole position

Hamilton juga telah 102 kali mengamankan pole position dan 60 kali menjuarai balapan dari posisi start terdepan. Rekan satu timnya, Bottas mengantongi empat pole musim ini.

Verstappen sembilan kali start terdepan tahun ini, sedangkan Charles Leclerc membawa Ferrari tercepat di kualifikasi Azerbaijan dan Monako. Lando Norris sementara itu merebut pole untuk McLaren di Rusia.

Persaingan klasemen

Verstappen mengantongi keunggulan delapan poin dari Hamilton dan Jeddah menawarkan kesempatan pertama bagi sang pebalap Belanda untuk mengunci titel pertamanya. Dia setidaknya harus finis posisi dua besar.

Sedangkan Mercedes memimpin klasemen konstruktor dengan margin lima poin dari Red Bull. Tim Silver Arrow bisa mengunci gelar juara bila mereka mampu meraih 40 poin lebih banyak dari rival terdekatnya itu.

Sementara Ferrari akan mengunci peringkat tiga apabila mereka mencetak lima poin lebih banyak dari McLaren.

 
Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2022