Kabupaten OKU kejar target 70 persen warga divaksin

id Kejar target vaksin, kekebalan kelompok, COVID-19, program keroyok vaksin, Dinas Kesehatan OKU

Kabupaten OKU kejar target 70 persen warga divaksin

Pemkab OKU gencarkan program keroyok vaksin, Jumat. (ANTARA/Edo Purmana/21)

Baturaja (ANTARA) - Dinas Kesehatan Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, mengejar target 70 persen warga setempat
 mendapat vaksin lengkap hingga Desember 2021.

"Minimal tercapai 70 persen warga OKU divaksin hingga akhir tahun nanti," kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Ogan Komering Ulu (OKU), Andi Prapto di Baturaja, Jumat.

Dia mengatakan, berdasarkan data per 5 November 2021 cakupan vaksinasi di wilayahnya sudah mencapai 48,8 persen atau 131.608 orang yang telah divaksin tahap pertama dan kedua dari 269.955 target sasaran.

Untuk mencapai target tersebut pihaknya menggencarkan program keroyok vaksin hingga ke desa-desa di Kabupaten OKU.

Dalam program keroyok vaksin, kata dia, Dinas Kesehatan OKU melibatkan TNI dan Polri untuk jemput bola agar masyarakat di pelosok desa mendapat vaksin lengkap supaya terhindar dari penyebaran COVID-19.

"Saat ini tidak ada kendala termasuk tenaga vaksinator yang kami siapkan ada 120 orang agar masyarakat dapat terlayani secara maksimal," tegasnya.

Begitupun persediaan vaksin yang ada saat ini dinilai mencukupi kebutuhan masyarakat Kabupaten OKU dimana tersedia sebanyak 30 ribu dosis vaksin Sinovac dan Astrazeneca.

Oleh sebab itu, Andi meminta masyarakat yang belum disuntik vaksin agar segera datang ke tempat pelayanan vaksinasi terdekat guna mencapai kekebalan kelompok agar terhindar dari COVID-19.

"Dengan divaksin kita melindungi diri dan orang lain dari penyebaran virus corona," ujarnya.