Sumsel maksimalkan vaksinasi dan 3T cegah COVID-19

id Dinkes Sumsel maksimalkan vaksinasi dan 3T COVID-19, 3t, pelacakan, vaksinasi covid-19, prokes ketat, putus rantai penu

Sumsel maksimalkan vaksinasi dan 3T cegah COVID-19

Pelayanan vaksinasi COVID-19 (ANTARA/Yudi Abdullah/21)

Palembang (ANTARA) - Pejabat Dinas Kesehatan Sumatera Selatan memaksimalkan kegiatan vaksinasi, penerapan protokol kesehatan (prokes), serta pemeriksaan (testing) pelacakan (tracing) dan perawatan (treatment) atau 3 T untuk mencegah penyebaran COVID-19.

Kegiatan tersebut dimaksimalkan untuk memutus rantai penyebaran COVID-19 di 17 kabupaten/kota  Provinsi Sumatera Selatan, kata Kepala Dinas Kesehatan Sumsel Lesty Nuraini di Palembang, Jumat.

Untuk menyukseskan kegiatan tersebut, pihaknya terus menyosialisasikan mengenai pentingnya vaksinasi, menerapkan prokes, dan 3T untuk mencegah penularan virus corona di lingkungan keluarga dan masyarakat.

Implementasi 3T serta prokes seperti selalu menggunakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak fisik di pusat keramaian merupakan langkah yang harus dilakukan masyarakat di setiap daerah untuk menekan penyebaran COVID-19 secara tuntas sambil menyelesaikan program vaksinasi sesuai target 6,3 juta jiwa pada akhir 2021 ini.

Jika masyarakat mengetahui positif terinfeksi virus corona tidak perlu panik namun segera melakukan perawatan (treatment) baik melakukan isolasi secara mandiri maupun ke rumah sakit bagi yang bergejala dan membutuhkan alat bantu medis.

Kemudian melakukan pelacakan (tracing) siapa saja yang pernah kontak atau bertemu secara fisik dengan orang yang positif terinfeksi COVID-19.

Orang-orang yang terlacak kontak erat dengan penderita COVID-19, diharapkan dengan kesadaran yang tinggi melakukan pemeriksaan dini dengan tes usap berbasis  'Polimerase Chain Reaction' (PCR).

Untuk mendukung kegiatan 3T sebagai upaya memutus rantai penularan COVID-19, orang yang terlacak kontak erat dengan penderita akan difasilitasi pemeriksaan tes usap 'Polimerase Chain Reaction-PCR' secara gratis.

Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan menjamin biaya tes usap PCR gratis untuk uji sampel kontak erat COVID-19 atau alasan tertentu, ujar Lesty.