Palembang tingkatkan pelayanan puskesmas

id Wawako palembang pantau pelayanan puskesmas, tingkatkan pelayanan puskesmas, puskesmas, spm puskesmas, standar pelayanan

Palembang tingkatkan pelayanan puskesmas

Wakil Wali Kota Palembang, Fitrianti Agustinda melakukan peninjauan pelayanan puskesmas. (ANTARA/Yudi Abdullah/21)

Palembang (ANTARA) - Pemerintah Kota Palembang,  Sumatera Selatan, dalam kondisi pandemi COVID-19 ini lebih meningkatkan pelayanan pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) yang tersebar di 18 kecamatan.

"Peningkatan pelayanan puskesmas penting dilakukan agar sebagian masalah kesehatan warga kota ini cukup ditangani di fasilitas kesehatan tingkat pertama itu, sehingga rumah sakit fokus melayani warga yang sakit berat," kata Wakil Wali Kota Palembang Fitrianti Agustinda di Palembang, Selasa.

Menurut dia, untuk meningkatkan pelayanan puskesmas, saat ini terus dilakukan evaluasi standar pelayanan minimal (SPM) fasilitas kesehatan tersebut dan penerapan protokol kesehatan mengantisipasi penularan COVID-19 secara ketat.

Dengan standar pelayanan minimal puskesmas tersebut, diharapkan warga Bumi Sriwijaya ini dapat merasakan pelayanan kesehatan yang lebih baik, sehingga tidak perlu ke rumah sakit, terutama untuk gejala sakit ringan hingga sedang, katanya.

Dia menjelaskan, untuk mewujudkan standar pelayanan minimal, pihaknya secara intensif melakukan pengawasan langsung ke puskesmas serta menampung masukan warga.

Melalui pengawasan lapangan, katanya, bisa digali informasi dari warga dan diketahui tingkat kinerja dari suatu puskesmas, sehingga dapat diatasi dengan cepat setiap terjadi permasalahan yang dapat menghambat terciptanya pelayanan kesehatan yang prima.

"Selain itu, masukan dari warga dan tenaga kesehatan dimanfaatkan sebagai bahan pertimbangan dalam penyusunan rencana kegiatan puskesmas dan dinas kesehatan di Ibu kota Provinsi Sumsel ini," ujar Wawako.