BPBD turunkan alat berat atasi longsor Jalan Tebing Cipai

id Longsor tutupi jalan, alat berat bersihkan longsor, BPBD OKU Selatan, ganggu akses kendaraan, empat desa

BPBD turunkan alat berat atasi longsor Jalan Tebing Cipai

Bencana tanah longsor di Kabupaten OKU Selatan. (ANTARA/HO/21)

Muaradua (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan, Provinsi Sumatera Selatan menurunkan alat berat guna mengatasi tanah longsor yang menutupi Jalan Tebing Cipai, Desa Tenang, Kecamatan Kisam Tinggi, agar dapat dilewati kendaraan.

"Bencana tanah longsor yang terjadi pada Kamis (4/2) petang ini disebabkan intensitas hujan tinggi hingga mengganggu aktivitas masyarakat yang melintas di kawasan tersebut," kata Kepala BPBD Ogan Komering Ulu Selatan Dony Agusta di Muaradua, Sabtu.

Oleh sebab itu, pihaknya menerjunkan alat berat untuk menyingkirkan tanah longsor yang menimbun hampir seluruh permukaan jalan di wilayah itu.

"Sejak sore kemarin alat berat sudah tiba dilokasi untuk membuka akses jalan itu,” katanya.

Camat Kisam Tinggi Nidi Firdaus menambahkan material longsor yang menutup Jalan Tebing Cipai Desa Tenang ini hingga 15 meter dan tinggi delapan meter.

Longsor juga merobohkan satu tiang penyangga jaringan listrik penerangan untuk masyarakat di desa setempat.

Akibat longsor ini, kata dia, arus lalulintas masyarakat di empat desa, meliputi Simpang Tiga, Simpang Empat, Air Alun, dan Singalaga terpaksa dihentikan sementara waktu hingga material longsor disingkirkan.

"Karena jalan yang tertutup longsor ini merupakan satu-satunya akses utama yang menghubungkan ke empat desa lainnya tersebut," ujarnya.