Pemkot Palembang minta warga tingkatkan perilaku hidup bersih

id phbs, pemkot minta warga tingkatkan perilaku hidup bersih, phbs dan prokes antisipasi covid dan dbd, anwaman dbd di punc

Pemkot Palembang minta  warga tingkatkan perilaku hidup bersih

Arsip- Kegiatan fogging antisipasi peningkatan penderita demam berdarah dengue (DBD) pada musim hujan (ANTARA/Yudi Abdullah/21)

Palembang (ANTARA) - Pemerintah Kota Palembang, Sumatera Selatan meminta warga kota setempat untuk meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) serta disiplin menerapkan protokol kesehatan guna mencegah tertular COVID-19 dan demam berdarah pada musim hujan sekarang ini.

"Dalam kondisi pandemi COVID-19 sekarang ini dan ancaman penyakit demam berdarah dengue (DBD) pada puncak musim hujan Januari-Februari 2021 ini, PHBS dan disiplin menerapkan protokol kesehatan merupakan kunci utama mencegah terjangkit penyakit tersebut," kata Sekda Palembang, Ratu Dewa di Palembang, Rabu.

Menurut dia, peningkatan PHBS dan disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan seperti selalu menggunakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak fisik merupakan cara yang efektif untuk mencegah DBD, terinfeksi virus Corona, dan gangguan kesehatan lainnya.

Mengenai tingkat penyebaran COVID-19 di kota ini sekarang masih cukup tinggi, sehingga memerlukan perhatian bersama agar tidak semakin parah.

Dalam kondisi normal baru sekarang ini, masyarakat boleh melakukan berbagai aktivitas di luar rumah dengan menerapkan PHBS dan protokol kesehatan secara disiplin.

Untuk meningkatkan PHBS dan mendisiplinkan masyarakat menerapkan protokol kesehatan antisipasi COVID-19, serta mencegah peningkatan kasus DBD, pihaknya berupaya menurunkan petugas kesehatan ke kawasan permukiman penduduk untuk mengedukasi masyarakat.

Masyarakat yang tersebar di 18 kecamatan dalam kota setempat harus memperhatikan indikator PHBS dan membersihkan sarang nyamuk mencegah mewabahnya DBD, serta meningkatkan protokol kesehatan, mengonsumsi sayur dan buah.

Melalui upaya tersebut dapat mendukung Gerakan Indonesia Sehat serta bagian dari strategi untuk mengurangi beban negara dan masyarakat dalam pembiayaan kesehatan, ujar sekda.