Sebanyak 20 ribu KPM di OKU dapat dana bantuan sosial tunai

id 20 ribu KPM, warga OKU, bantuan sosial tunai, pengganti sembako, Dinas Sosial OKU, dampak COVID-19,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, ant

Sebanyak 20 ribu KPM di OKU dapat dana bantuan  sosial tunai

Warga saat antre di salah satu bank daerah untuk mencairkan dana BST, Selasa. (ANTARA/Edo Purnama/20)

Baturaja (ANTARA) - Sebanyak 20 ribu keluarga penerima manfaat (KPM) di Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan mendapat dana bantuan sosial tunai (BST) dari pemerintah daerah setempat guna membantu meringankan beban di tengah pandemi COVID-19.

"Dana BST untuk periode Juni-Juli 2020 ini kami salurkan melalui bank daerah," kata Kabid Pemberdayaan Fakir Miskin Dinas Sosial Ogan Komering Ulu (OKU), M Holik di Baturaja, Selasa.

Dia menjelaskan, dana yang disalurkan ini merupakan bantuan dari pemerintah daerah setempat untuk membantu masyarakat di wilayah setempat yang terdampak pandemi COVID-19.

Baca juga: Lebih 35 ribu kpm di kabupaten OKI terima bantuan beras

"Ada sekitar 20 ribu keluarga penerima manfaat (KPM) warga Kabupaten OKU yang menerima dana BST ini," katanya.

Adapun dana yang dikucurkan pemerintah melalui APBD Kabupaten OKU pada tahun ini untuk bantuan BST selama dua bulan yaitu mencapai Rp8 miliar dari total Rp12 miliar.

"Sedangkan Rp4 miliar sudah dibagikan dalam bentuk sembako pada periode sebelumnya atau sebelum diganti bantuan uang tunai ini," kata dia.

Baca juga: Ribuan warga OKU dapat bantuan sosial tunai

Dalam pencairan dana bantuan tahap ini, kata dia, setiap KPM mendapat dana sebesar Rp300.000 per bulan untuk digunakan guna kebutuhan sehari-hari.

"Bantuan ini sebagai wujud peduli pemerintah terhadap masyarakat tidak mampu. Karena seperti kita ketahui dampak pandemi ini sangat berdampak pada perekonomian penduduk khususnya menengah ke bawah," katanya.

Baca juga: Pemerintah perlu perjelas kriteria kelas menengah dapat bantuan subsidi gaji

Baca juga: Kantor Pos Palembang salurkan BST kepada 3.000 KK


Ia berharap, bantuan yang diberikan tersebut dapat meringankan beban masyarakat yang secara tidak langsung terdampak virus corona.

"Mudah-mudahan bantuan ini dapat bermanfaat bagi masyarakat," ujarnya.
Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar