Gubernur Herman Deru minta kepala daerah percepat pembelanjaan keuangan

id gubernur sumsel,belanja daerah,sumsel,info sumsel,herman deru,pemprov sumsel

Gubernur Herman Deru minta kepala daerah percepat pembelanjaan keuangan

Gubernur Sumsel Herman Deru (ANTAR/HO - Humas Pemprov)

Palembang (ANTARA) - Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru minta kepala daerah untuk mempercepat pembelanjaan keuangan daerah agar perekonomian semakin berkembang.

Hal itu sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo agar kepala daerah mempercepat belanja keuangan pemerintah daerah untuk menggerakkan perekonomian di tengah pandemi ini, kata gubernur saat rapat koordinasi di Palembang, Selasa.

Menurut dia, pembelanjaan anggaran pemerintah baik pusat maupun daerah merupakan satu-satunya cara untuk dapat bertahan sekaligus memulihkan ekonomi nasional.

Bukan itu saja pemulihan ekonomi dapat dilakukan dengan sinergi yang baik antar semua pihak, ujar gubernur.
.
"Kita harus menyadari peredaran uang yang dikeluarkan dari kas ini stimulan bagi perekonomian nasional,"ujar dia.

Oleh karena itu pihaknya minta kabupaten dan kota segera belanja, Bank Sumsel Babel sudah ditunjuk untuk membiayai kontrak dengan pihak ke 3 jika penerimaan APBD tertunda.

Dia mengatakan, bila pembiayaan tertunda akan dibiayai Bank Sumsel Babel namun dengan aturan tertentu.

Memang dalam masa virus corona sekarang ini dampaknya cukup besar dari berbagai bidang baik kesehatan, ekonomi dan sosial.

Gubernur mengatakan bahwa Pandemi COVID-19 yang sedang melanda dunia, termasuk Indonesia menimbulkan berbagai dampak dalam bidang kesehatan dan ekonomi.

Selain itu, merebaknya pandemi juga mengharuskan setiap orang untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan sehingga berimbas pada tertundanya berbagai kegiatan.

Sehubungan itu kepala daerah harus memaksimalkan pembelanjaan namun dengan tetap mengikuti aturan, tambah dia.