BMKG: Sumsel masuki masa peralihan musim kemarau perlu diwaspadai

id bmkg sumsel,peralihan musim,musim pancaroba,prediksi musim kemarau,musim kemarau sumsel,stasiun klimatologi kenten,topog

BMKG: Sumsel masuki masa peralihan musim kemarau perlu diwaspadai

Kasi Data dan Informasi Stasiun Klimatologi Kenten Palembang, Nandang Pangaribowo (ANTARA/Aziz Munajar/20)

Palembang (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika menyebut Provinsi Sumatera Selatan mulai memasuki masa peralihan dari musim hujan ke musim kemarau sehingga masyarakat diminta waspada terhadap cuaca yang berubah-ubah dalam tempo cepat hingga Mei 2020.

Kasi Data dan Informasi Stasiun Klimatologi Kenten Palembang, Nandang Pangaribowo, Sabtu, mengatakan masa peralihan musim terjadi karena posisi matahari sudah mulai bergeser dari selatan ke sebelah utara.

"Selama musim peralihan biasanya terjadi perubahan cuaca signifikan, hujan singkat disertai petir dan angin kencang," ujar Nandang.

Menurutnya daerah-daerah bertopografi landai di Sumsel seperti di Kota Palembang, Banyuasin dan Ogan Komering Ilir (OKI) perlu waspada terhadap angin kencang dan petir selama musim peralihan.

Angin kencang dan petir yang dipicu pertumbuhan awan hujan tersebut disebabkan masih menghangatnya suhu muka laut di sekitar Wilayah Sumatera.

Selain itu pertumbuhan awan secara lokal juga diperkirakan meningkat akibat belokan masa udara dari menguatnya angin Monsun Australia di Wilayah Sumatera yang bertemu angin Monsun Asia.

Sementara masih aktifnya Madden-Julian Oscillation (MJO) atau berkumpulnya pertumbuhan awan yang masif juga mendukung terjadinya hujan di wilayah Sumsel, namun diperkirakan MJO akan melemah di mulai dari sebelah pasifik bagian barat (sebagian wilayah Indonesia bagian timur).

"Setelah masa peralihan selesai, barulah diperkirakan dasarian III Mei masuk musim kemarau untuk Wilayah Sumsel," jelas Nandang.

Ia menambahkan bahwa prediksi musim kemarau pada 2020 di Sumsel akan berlangsung selama Mei dasarian III hingga Oktober dasarian I dengan puncaknya pada Agustus-September.
Pewarta :
Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar