Satgas OKU semprot disinfektan di rumah warga positif Corona

id Satgas COVID-19 OKU semprot rumah pasien positif Corona dengan disinfektan

Satgas OKU semprot disinfektan di rumah warga positif Corona

Ilustrasi - COVID-19 (Antara/HO)

Baturaja (ANTARA) - Satuan Gugus Tugas COVID-19 Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan menyemprot rumah HS, warga setempat yang positif terpapar virus corona menggunakan cairan disinfektan guna memutus rantai penyebarannya.

Juru Bicara Satgas COVID-19 Ogan Komering Ulu (OKU) Rozali di Baturaja, Selasa mengemukakan pasca HS ditetapkan positif terjangkit virus corona dan sedang menjalani isolasi di RS Muhammad Hoesin Palembang pihaknya telah melakukan berbagai upaya untuk memutus rantai penyebarannya di wilayah setempat.

"Salah satunya kami menyemprot rumah HS menggunakan cairan disinfektan. Penyemprotan juga dilakukan di daerah yang terindikasi di sekitar rumah pasien," katanya.

Selain itu, kata dia, pihaknya juga sudah melakukan "contact tracking" guna melacak riwayat perjalan HS di Baturaja sebelum menjalani isolasi.

"Petugas kami juga terus memantau warga sekitar rumah HS khususnya yang sempat kontak fisik dengan pasien," ujar dia.

Sementara itu, berdasarkan keterangan Juru Bicara Gugus Tugas Pencegahan dan Penanggulangan Covid-19 Sumsel, Yusri sebelumnya mencatat hingga 5 April 2020 total warga OKU yang dinyatakan positif terjangkit COVID-19 menjadi tiga orang.

"Dua penambahan warga positif merupakan isteri pasien HS yang saat ini sedang menjalani isolasi di RS Muhammad Hoesin Palembang dan seorang lagi yang sempat merawatnya," katanya. Warga OKU yang dinyatakan positif tersebut yakni pasien 15 orang berjenis kelamin perempuan umur 54 tahun dan pasien 16 berjenis kelamin perempuan berusia 61 tahun.

"Pasien positif ke 15 merupakan istri pasien positif OKU. Sedangkan untuk pasien ke 16 asal OKU dalam kategori penyebaran lokal, karena tidak ada riwayat perjalanan ke luar kota," jelasnya.