Pertamina targetkan tambah 83 titik BBM satu harga tahun ini

id BBM Satu harga,Pertamina,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara sumsel hari ini, palembang hari ini

Pertamina targetkan tambah 83 titik BBM satu harga tahun ini

Karyawan mendistribusikan bahan bakar minyak (BBM) premium dan solar dari kapal ke tangki penyimpanan di SPBU Pulau Balai, Kecamatan Pulau Banyak, Kabupaten Aceh Singkil, Aceh, Minggu (8/9/2019). PT Pertamina (Persero) menyuplai BBM Satu Harga sebanyak 32 ribu liter per minggu, untuk kebutuhan nelayan dan masyarakat Pulau Banyak di wilayah terluar Aceh. ANTARA FOTO/Ampelsa/wsj.

Jakarta (ANTARA) - PT Pertamina (Persero) menargetkan penambahan sebanyak 83 titik program bahan bakar minyak atau BBM Satu Harga dapat direalisasikan sepanjang tahun 2020

VP Corporate Communication Pertamina, Fajriyah Usman dalam keterangannya di Jakarta, Jumat, menjelaskan target tersebut sebagai komitmen pemerintah memberikan BBM yang terjangkau bagi masyarakat.

"Kami optimis dapat mencapai target tersebut pada tahun ini untuk memastikan ketersediaan energi hingga ke pelosok negeri dengan harga yang terjangkau (affordability)," katanya.

Berkaca pada 2019, Pertamina berhasil merealisasikan BBM Satu Harga di 161 titik pada Oktober 2019 atau lebih cepat 3 bulan dari yang ditargetkan di bulan Desember 2019.

Sedangkan untuk tahun ini, BBM Satu Harga akan diperluas ke 83 titik lainnya seperti Sumatera sebanyak 13 titik, Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur sebanyak 21 titik, Kalimantan sebanyak 13 titik, Sulawesi sebanyak 7 titik, Maluku 15 sebanyak titik dan Papua sebanyak 14 titik.

“Di awal 2020 ini kami sudah merealisasikan BBM Satu Harga di Kabupaten Sigi, Palolo, Sulawesi Tengah sambil paralel kami juga mempersiapkan untuk wilayah lainnya,” tambahnya.

Seperti diketahui, program BBM Satu Harga merupakan program yang bertujuan untuk meratakan harga BBM di seluruh Indonesia agar masyarakat yang tinggal di wilayah 3T (terdepan, terluar dan tertinggal) dan bisa merasakan harga BBM sesuai ketentuan pemerintah.

Melalui program ini, Pertamina menunjuk lembaga penyalur resmi di wilayah terpencil tersebut untuk dapat menyediakan premium dan solar sesuai harga yang diatur oleh pemerintah atau sama dengan yang dinikmati oleh masyarakat di kota besar. Dengan harga BBM yang lebih terjangkau, hal ini kemudian berdampak pada harga-harga kebutuhan pokok lainnya sehingga dapat mendorong peningkatan perekonomian masyarakat setempat.

Salah satu wilayah yang telah merasakan BBM Satu Harga diantaranya adalah Papua, di mana salah satu wilayahnya kini menikmati premium dan solar dengan harga seperti di kota besar. Sebelumnya di sejumlah wilayah di Papua, harga BBM bisa mencapai Rp70.000-100.000 per liter.