Gubernur Sumsel minta perumahan petugas kebersihan jadi percontohan

id Gubernur, rumah,petugas kebersihan

Gubernur Sumsel minta perumahan petugas kebersihan  jadi percontohan

Gubernur Sumsel Herman Deru. ANTARA

Palembang (ANTARA) - Gubernur Sumsel Herman Deru minta pembangunan perumahan untuk para petugas kebersihan di Prabumulih menjadi percontohan untuk daerah lainnya.

"Kami menyambut baik pembangunan perumahan Komunitas Pertugas Kebersihan Kota Prabumulih yang diinisiasi Wali kota Prabumulih Ridho Yahya," katanya di Palembang, Jumat (28/2).

Pihaknya berkomitmen mendorong hal tersebut dapat berkembang, dicontoh, serta diikuti daerah lain sehingga kesejahteraan masyarakat meningkat.

Pembangunan perumahan untuk petugas kebersihan itu bentuk kepedulian pemerintah kota, pemerintah provinsi, pusat, dan pihak lainnya yang diinisiasi Wali Kota Prabumulih.

"Ini patut didorong. Bukan hanya sebatas moril namun juga materiil dan nantinya kami akan memberikan," katanya.

Ia minta inovasi dan kreativitas kepala daerah bukan hanya sebatas pembangunan rumah, namun diberikan fasilitas pendukung lainnya.

"Mungkin juga bisa dilengkapi dengan fasilitas lain, seperti mushalla, masjid, atau bahkan sekolah untuk pendidikan," katanya.

Setelah pembangunan itu selesai, katanya, para petugas bisa diedukasi agar mempunyai penghasilan tambahan.

"Penghasilan tambahan bisa melalui ekonomi kreatif, seperti mengedukasi keluarga petugas kebersihan untuk berdagang. Modalnya bisa melalui kerja sama dengan pihak lain. Untuk fasilitas, tentu Pemprov Sumsel akan membantu. Yang jelas saya harapkan ini terus dikembangkan," ujar dia.

Wali Kota Prabumulih Ridho Yahya menambahkan inisiasi untuk membangun perumahan bagi komunitas petugas kebersihan itu didasari atas keprihatinannya kepada masyarakat.

"Prabumulih ini kaya akan sumber daya alam namun di sini masih banyak rumah tak layak. Karena itu, kami berupaya agar Prabumulih ini tidak kumuh," katanya.

Dia menjelaskan rencana untuk merenovasi rumah bagi masyarakat ekonomi ke bawah itu pun direalisasikan dengan mengajak jajarannya menyisihkan penghasilan.

"Saat ini kami bisa membangun dan merenovasi 10 rumah per bulan dari infak pegawai," tuturnya.

Pemkot Prabumulih juga merenovasi ratusan rumah ibadah di wilayah itu.

"Kita juga menggandeng sejumlah pihak agar program ini berjalan lancar," ujar dia.

Kedepan, pihaknya berencana membangun perumahan untuk para penarik becak dan pemulung.

"Selanjutnya kita akan mendorong agar bisa membangun 125 rumah bagi pemulung dan penarik becak. Untuk itu kami minta bantuan dari Kementerian PUPR dan Pemprov Sumsel," kata dia.
 
Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar