PHRI Sumsel berhasil tingkatkan sumbangan PAD

id phri sumsel, pad

PHRI Sumsel berhasil  tingkatkan sumbangan PAD

Ketua PHR) Sumsel Herlan Aspiudin (dua kiri) dalam suatu acara bersama Kadis Pariwisata Sumsel Aufa. (ANTARA/Yudi Abdullah/19)

Palembang (ANTARA) - Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Sumatera Selatan Herlan Aspiudin mengatakan pihaknya berhasil mendorong anggotanya meningkatkan sumbangan pendapatan asli daerah (PAD) untuk mendukung program pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat di wilayah kegiatan usaha.

"Alhamdulillah pada 2019 ini pajak hotel dan restoran yang masuk ke kas daerah mencapai Rp250 miliar lebih meningkat dibandingkan dengan tahun sebelumnya di bawah Rp200 miliar," kata Herlan di Palembang, Minggu.

Dia menjelaskan, sumbangan PAD dari anggota PHRI Sumsel kepada pemerintah kabupaten dan kota di wilayah kegiatan usaha dalam beberapa tahun terakhir cukup besar.

Khusus di Kota Palembang, sumbangan PAD dari pengusaha hotel dan restoran pada tahun ini mencapai Rp233 miliar atau mengalami peningkatan yang cukup tinggi dibandingkan dengan 2018 yang hanya Rp185 miliar.

Sumbangan ke PAD Kota Palembang dan 16 kabupaten/kota Sumsel lainnya pada tahun-tahun berikutnya diupayakan lebih besar lagi sehingga dapat bermanfaat untuk menunjang program pembangunan daerah dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Untuk meningkatkan sumbangan PAD yang lebih besar lagi, pihaknya berupaya mengembangkan bisnis pariwisata yang dapat meningkatkan kunjungan wisatawan nusantara dan mancanegara ke provinsi ini.

Selain itu, pihaknya juga berupaya membangun sinergisitas antara industri pariwisata dan berbagai sektor industri lainnya dengan pemerintah daerah setempat.

Melalui upaya tersebut membuahkan hasil yang cukup menggembirakan karena banyak acara berskala nasional dan internasional di Ibu kota Provinsi Sumsel yang bisa menarik banyak wisatawan berkunjung ke daerah ini.

Banyaknya wisatawan berkunjung mendongkrak tingkat hunian hotel dan kunjungan ke restoran sehingga dapat diperoleh retribusi jasa hotel dan restoran yang besar untuk disumbangkan kepada PAD, kata Herlan yang juga staf khusus wali kota Palembang itu.

Sementara sebelumnya Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumsel, Aufa Sarkomi menjelaskan pihaknya berupaya meningkatkan pengguna jasa hotel dan restoran dengan mendorong semua pihak menggelar berbagai kegiatan yang dapat mendatangkan orang banyak ke provinsi ini.

Kegiatan yang dapat mendatangkan orang banyak ke daerah ini, seperti mendorong penyelenggaraan seminar, pelatihan, pertandingan olah raga, pameran, rapat koordinasi berskala nasional dan internasional, katanya.

 
Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar