Dinas Kelautan dan Perikanan Sumsel tebar benih langka

id tebar benih ikan, tebar benih ikan langka, dinas perikanan sumsel lestarikan ika langka, perairan umum,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel,

Dinas Kelautan dan Perikanan Sumsel  tebar benih langka

Ilustrasi - Sejumlah warga menebar ribuan benih ikan di Sungai. (ANTARA/HO/Dinkominfo Purbalingga)

Palembang (ANTARA) - Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumatera Selatan terus berupaya melakukan penebaran benih ikan terutama yang jenisnya tergolong langka sebagai upaya pencegahan dari kepunahan.

"Dengan kegiatan penebaran benih ikan langka itu diharapkan beberapa jenis ikan di provinsi ini yang terancam punah bisa terus ada dan berkembang secara alami," kata Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Sumsel Widada Krisna di Palembang, Rabu.

Selain sebagai upaya pelestarian sejumlah jenis ikan yang mulai jarang atau sulit ditemukan seperti ikan belida dan jelawat, kegiatan penebaran benih (restocking) dilakukan juga untuk merehabilitasi lingkungan perairan umum.

Beberapa waktu lalu, pihaknya melakukan penebaran benih ikan di danau, tempat pertandingan olahraga air, di kompleks olahraga "Jakabaring Sport City" Palembang serta beberapa tempat di daerah Sumatera Selatan lainnya.

Untuk melakukan penebaran benih itu, pihaknya melakukan pendataan tentang daerah mana saja yang tepat menjadi tempat sasaran kegiatan tersebut.

Selain itu, melakukan pemilihan ikan apa saja yang cocok untuk ditebarkan di suatu daerah sehingga bisa tumbuh dan berkembang biak dengan baik.

Pihaknya berupaya memanfaatkan perairan umum secara optimal yang memiliki keanekaragaman sumber daya ikan yang cukup banyak.

Perairan umum di Sumsel itu cukup luas, potensi daerah tersebut akan dimanfaatkan secara optimal untuk menyediakan lapangan kerja bagi masyarakat, meningkatkan pendapatan asli daerah, serta melestarikan sumber daya ikan langka.

Potensi tersebut, kata dia, terutama perairan umum daratan yang perlu didorong pemanfaatannya secara optimal karena dapat menimbulkan beberapa dampak negatif bagi daerah yang memiliki potensi itu.

Ia menyebut perairan umum daratan yang terabaikan akan berdampak terhadap penurunan potensi luasnya, keanekaragaman jenis ikan, produksi ikan, kesempatan dan peluang kerja, pendapatan asli daerah, serta fungsi estetika.
Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar