Delapan warga miskin di OKU dapat bantuan jaringan listrik gratis

id listrik gratis

Delapan warga miskin di  OKU dapat bantuan jaringan listrik gratis

Bupati OKU, Kuryana Azis saat meninjau pemasangan listrik perdana program One Man One Hope di Kelurahan Talang Jawa, Kecamatan Baturaja Barat. (ANTARA/Edo Purmana)

Baturaja (ANTARA) - Sebanyak delapan orang warga miskin di Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan akan dibantu pemasangan listrik secara gratis oleh PT PLN Rayon Baturaja melalui program One Man One Hope.

Manajer PT PLN Rayon Baturaja, Ogan Komering Ulu, M Rasyid di Baturaja, Sabtu menuturkan bahwa one man one hope ini merupakan program peduli pegawai PT PLN di seluruh Indonesia untuk berbagi kasih kepada masyarakat kurang mampu guna dibantu pemasangan listrik secara gratis dari pengurusan Instalasi SLO dan penyambungan baru daya 450 VA.

"Untuk PT PLN Baturaja mendapat bagian delapan calon pelanggan yang bakal menerima bantuan program one man one hope tahun ini," katanya.

Dia mengemukakan, pemasangan pertama sudah dilakukan pihaknya di rumah Rondiyah warga Kelurahan Talang Jawa RT 08 RW 03, Kecamatan Baturaja Barat sebagai penerima bantuan tersebut.

Pemasangan perdana listrik gratis yang dilakukan dalam rangka HUT ke-74 PT PLN tahun 2019 tersebut menyasar pada warga miskin yang belum dialiri jaringan listrik terdaftar di Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K).

"Salah satunya ibu Rondiyah yang menerima bantuan karena terdaftar di TNP2K," ungkapnya.

Dia menjelaskan, program one man one hope ini merupakan bantuan sosial yang diluncurkan oleh pemerintah pusat untuk mengejar ketertinggalan rasio elektrifikasi listrik di berbagai daerah di Tanah Air.

One man one hope ini merupakan bantuan sosial dimana setiap karyawan PLN menyisihkan pendapatannya untuk membantu warga yang rumahnya belum berlistrik.

Program one man one hope ini, kata dia, dihadirkan untuk meringankan biaya pemasangan listrik sehingga memudahkan masyarakat dengan hanya membayar biaya pemakaian listrik saja.

"Jadi masyarakat hanya membayar biaya pemakaian setiap bulan saja, sementara untuk pemasangan listrik kami lakukan secara gratis," tegasnya.

Sementara itu, Bupati OKU, Kuryana Azis sebelumnya menuturkan dengan adanya program gerakan PLN pemasangan listrik baru bagi masyarakat kurang mampu ini dapat membantu meringankan beban warga yang membutuhkan listrik.

Ia berharap, ke depannya program yang dilaksanakan oleh PLN tersebut dapat menyentuh lebih banyak lagi masyarakat di wilayah itu yang membutuhkan aliran listrik.

"Karena kebutuhan listrik ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat khususnya yang rumahnya belum dialiri jaringan listrik PLN," ujarnya.