Tingkat konsumsi ikan di Ogan Komering Ulu berada di level kuning

id ikan, berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara hari ini

Tingkat  konsumsi ikan di Ogan Komering Ulu berada di level kuning

Teks Foto : Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakan) Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, Tri Aprianingsih. (Antara News Sumsel/Edo Purmana)

Baturaja (ANTARA) - Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakan) Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, Tri Aprianingsih menuturkan tingkat konsumsi ikan di wilayah setempat berada di level kuning atau sedang dengan angka sekitar 38,25 Kg/kapita pertahun.

"Untuk tingkat Angka Konsumsi Ikan (AKI) masyarakat di Ogan Komering Ulu tahun ini sekitar 38,25 Kg/kapita/tahun," kata Kadisnakan Ogan Komering Ulu, Tri Aprianingsih di Baturaja, Minggu.

Dia menambahkan, meskipun berada di level kuning, namun tingkat konsumi ikan di Kabupaten Ogan Komering Ulu sudah cukup bagus.

"Cukup bagus dan sudah ada peningkatakan masyarakat yang mengkonsumi ikan dari tahun sebelumnya," lanjutnya.

Menurut dia, pihaknya terus berupaya meningkatkan jumlah konsumsi ikan agar mencapai AKI diatas 40 Kg/kapita/tahun atau level hijau sesuai dengan target nasional.

"Kami terus berupaya meningkatkan konsumsi ikan di Ogan Komering Ulu ini, terutama menyasar pada anak-anak," ujarnya.

Dia menjelaskan, salah satu upaya untuk mencapai level hijau ini yaitu dengan meningkatkan jumlah ketersediaan ikan sungai di Ogan Komering Ulu guna memenuhi kebutuhan konsumsi ikan bagi masyarakat di wilayah itu.

Restocking atau penebaran benih ikan di Sungai Ogan ini dinilai menjadi langkah yang efektif dalam meningkatkan jumlah ketersediaan ikan di perairan wilayah setempat.

"Penebaran benih ikan sungai di Sungai Ogan ini rencananya akan dilakukan pada Oktober 2019," katanya.

Dia mengemukakan, pihaknya sudah mengajukan bantuan kepada pemerintah pusat agar dibantu bibit ikan jenis Baung dan Jelawat untuk disebar di Sungai Ogan.

"Namun pihak terkait tersebut belum bisa menyediakan bibit ikan jenis itu dan menggantinya dengan ikan sungai sejenis Jelawat," ungkapnya.

Menurut Tri, kegiatan menyebar ikan di Sungai Ogan ini merupakan yang kedua kalinya dilaksanakan Disnakan Ogan Komering Ulu setelah sebelumnya pihaknya juga sudah menebar sebanyak 35 ribu benih ikan jenis Baung dan Jelawat di perairan wilayah setempat.

"Oleh karena itu kami mengajak masyarakat Ogan Komering Ulu agar gemar makan ikan karena selain mengandung banyak protein tinggi, ikan juga tidak sulit lagi di dapat dengan cara menangkap di sungai menggunakan kail ataupun jala," jelasnya.