Presiden Jokowi lantik perwira TNI dan Polri

id Jokowi praspa 2019,presiden joko widodo,pelantikan perwira,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara hari ini, palemban

Presiden Jokowi lantik perwira TNI dan Polri

Suasana persiapan pelantikan perwira TNI dan Polri 2019 di halaman Istana Merdeka Jakarta, Selasa. (ANTARA/Agus Salim)

Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo dijadwalkan melantik perwira TNI dan Polri lulusan Akademi Militer dan Akademi Kepolisian 2019 di halaman Istana Merdeka Jakarta, Selasa.

Sejumlah persiapan sudah dilakukan untuk pelantikan sekitar 781 taruna yang sudah menyelesaikan pendidikannya.

Sebelumnya Komandan Jenderal Akademi TNI Laksamana Madya (Laksdya) TNI Aan Kurnia bersama Kalemdiklatpol Komjen (Pol) Arief Sulistyanto memberikan pembekalan kepada 781 orang calon perwira (Capaja) TNI dan Polri Tahun 2019 di GOR Ahmad Yani, Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Kamis (11/7).

Pembekalan dilakukan sekaligus untuk persiapan pelaksanaan Prasetya Perwira TNI dan Pelantikan Perwira Polri di Istana Merdeka yang akan dilaksanakan Selasa ini.

"Hari ini ada 781 taruna dan Taruni. Insyaallah lima hari lagi kalian akan dilantik Presiden RI. Taruna Akmil ada 259, AL 117, AU 99 Akpol 306. Sebentar lagi kalian akan menjadi perwira," kata Laksdya TNI Aan Kurnia.

Kepada para Taruna dan Taruni Akmil dan Akpol, Aan mengingatkan, pelantikan perwira TNI dan Polri merupakan awal dari perjalanan panjang kedinasan prajurit. Karena itu dibutuhkan sumber daya manusia (SDM) yang mumpuni yang dipersiapkan untuk menjadi memimpin di masing-masing kedinasan.

Prasetya Perwira (Praspa) TNI dan Pelantikan Perwira Polri 2019 merupakan upacara pengambilan sumpah dan pelantikan perwira TNI dan Polri, lulusan dari Akademi Angkatan (Akmil, AAL, AAU, dan Akademi Kepolisian). Dalam kesempatan itu Presiden RI selaku Panglima tertinggi, Joko Widodo akan bertindak selaku inspektur upacara.

Praspa TNI dan Polri sendiri memiliki makna yang mendalam, yaitu mewujudkan kesungguhan hati dan tekad para perwira muda TNI Polri untuk siap mendarmabaktikan jiwa dan raganya demi membela Tanah Air dan mempertahankan tegaknya NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 dari segala bentuk ancaman, tantangan hambatan dan gangguan.

Komposisi jumlah calon perwira TNI dan Polri yang akan dilantik Akmil Putra 244, Putri 15, Jumlah 259; Akademi Angkatan Laut (AAL) Putra 103, Putri 14, Jumlah 117; Akademi Angkatan Udara (AAU) Putra 90, Putri 9, Jumlah 99; dan Akademi Kepolisian (Akpol) Putra 256, Putri 50, Jumlah 306.

Praspa TNI dan Pelantikan Polri juga akan dihadiri Ibu Negara, Wapres/Ibu, Menkopolhukam, Panglima TNI, Kapolri, Para Kepala Staf Angkatan, Danjen Akademi TNI, Kalemdiklatpol, Gubernur Akademi Angkatan, atase pertahanan negara sahabat

Dalam kegiatan tersebut, beberapa acara tambahan juga akan dikakukan. Di antarania fly pass pesawat tempur TNI Angkatan Udara dan acara perayaan taruna Akmil, AAL, AAU, dan Akpol di hadapan presiden RI dan para undangan.