Tim U20 Korsel dan Ukraina ke final Piala Dunia

id Piala Dunia U20,Korsel,Ukraina,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara hari ini, palembang hari ini, jembatan ampera

Tim U20 Korsel dan Ukraina ke final Piala Dunia

Tim muda Korea Selatan dalam Piala Dunia U20 di Polandia. (Yonhap)

Jakarta (ANTARA) - Korea Selatan dan Ukraina maju ke babak final sepak bola Piala Dunia U20 di Polandia setelah sukses memenangi laga semifinal pada Selasa malam waktu setempat.

Gol tunggal Choi Jun pada menit ke-39 cukup untuk memberi kemenangan bagi tim Korsel atas Ekuador dalam pertandingan di Stadion Lublin.

Lolos ke final menjadi prestasi bersejarah bagi tim berjuluk Ksatria Taeguk itu dalam keikutsertaaanya pada kejuaraan sepak bola untuk pemain berusia di bawah 20 tahun itu.

Gol tersebut berawal dari tendangan bebas Lee Kangin berupa umpan datar kea rah sayap kanan yang disambut Choi dengan sebuah tendangan melengkung tanpa dapat dihadang kiper Ekuador.

Tidak lama sebelum gol Korea tercipta, Ekuador sempat mendapat peluang namun tembakan jarak jauh Leonardo Campana hanya membentur mistar gawang.

Korsel dapat mempertahankan keunggulannya, meskipun di akhir babak kedua Ekuador nyaris mencetak gol namun kiper Lee Gwangyon dapat menyelamatkan gawangnya dari sundulan jarak dekat Campana.

Pada pertandingan semifinal sebelumnya di Stadion Gdynla, Ukraina juga membuat sejarah untuk pertama kalinya lolos ke final Piala Dunia U20 dengan kemenangan tipis 1-0.

Gol tunggal di menit ke-69 itu dicetak oleh Serhil Buletsa setelah menerima umpan Yukhym Konoplia.

Italia yang sebenarnya lebih difavoritkan dalam pertandingan tersebut mencoba membalas dengan terus menekan pertahanan Ukraina.

Sejumlah peluang didapat Italia namun gagal menghasilkan gol. Di antaranya pada menit ke-52 . Di antaranya ketika Capone sudah sudah berdiri bebas di depan gawang Ukraina untuk menyambut sebuah umpan silang, namun tembakannya melayang di atas mistar.

Gol sempat terjadi di gawang Ukraina menjelang pertandingan babak kedua berakhir melalui Gianluca Scamacca, namun dengan bantuan VAR wasit menganulir gol tersebut karena ada pelanggaran saat perebutan posisi di kotak penalty.

Pertandingan final antara Ukraina dan Korea Selatan akan berlangsung pada 15 Juni di kota Lodz.