Yaya Toure gantung sepatu dan bersiap jadi pelatih

id Yaya Toure,pensiun,gantung sepatu,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara hari ini, jembatan ampera, wong palembang,

Yaya Toure. (REUTERS/AMR ABDALLAH DALSH)

Jakarta (ANTARA) - Mantan gelandang Manchester City, Barcelona dan timnas Pantai Gading Yaya Toure mengumumkan pensiun sebagai pesepak bola dan mempersiapkan diri beralih menjadi seorang pelatih, ungkap agennya yang dilansir BBC Sports pada Sabtu (11/5).

Pemain berusia 35 tahun itu tidak memiliki klub sejak kontraknya di klub Yunani Olympiakos berakhir pada Desember 2018.

Ia pindah ke Yunani setelah dilepas oleh Manchester City musim panas lalu setelah memenangkan tiga gelar Liga Premier Inggris, satu Piala FA dan dua Piala Liga.

"Yaya telah memutuskan untuk mengakhiri kariernya sebagai juara," kata agen Dimitri Seluk.

Bulan lalu Toure mengatakan kepada BBC bahwa ia tidak memiliki rencana pensiun dalam waktu dekat dan tidak mengesampingkan kesempatan untuk bermain di Timur Tengah, Amerika Serikat atau Asia.

Namun, Seluk mengatakan bahwa "pertandingan perpisahan yang diberikan Manchester City kepada Toure, pada prinsipnya, adalah akhir dari karier sebagai pesepak bola, tidak hanya di tim itu, tetapi secara umum."

"Yaya adalah salah satu pemain terbaik di Afrika dan memiliki salah satu karier paling cemerlang dalam sejarah sepak bola Afrika, jadi sebaiknya meninggalkan sepak bola di puncaknya," ujar Seluk kepada website asal Rusia, Sport 24.

"Tentu saja setiap pemain ingin bermain selama mungkin dan dalam hal kondisi fisiknya, Yaya bisa melakukan ini pada level yang cukup tinggi untuk lima tahun ke depan."

Pemenang empat penghargaan Pesepak Bola Afrika Terbaik itu telah memenangkan trofi Liga Champions bersama Barcelona pada 2009 sebelum menghabiskan delapan tahun bersama Manchester City.

Bersama City, ia telah mencetak 79 gol dalam 316 penampilan termasuk gol di final Piala FA 2011. Ia tampil 101 kali untuk Pantai Gading dan bermain di Piala Dunia 2006, 2010 dan 2014.

"Saya yakin dua tahun setelah Yaya mendapatkan lisensi kepelatihan profesional, ia akan memimpin salah satu klub dan mencapai sukses besar di bidang kepelatihan. Sekarang ia sudah mulai mengambil langkah-langkah ke arah sana," tambah Seluk.(sumber BBC Sports)
Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar