MKN Sumsel periksa tujuh notaris respons permintaan polisi

id Majelis Kehormatan Notaris, mkn, mkn Sumsel, periksa notaris, respon penyidik, permintaan polisi

MKN Sumsel periksa tujuh notaris respons permintaan polisi

Majelis Kehormatan Notaris Sumsel memeriksa notaris sebagai respons atas permintaan penyidik Kepolisian. ANTARA/HO-Kemenkumham Sumsel

Palembang (ANTARA) - Majelis Kehormatan Notaris (MKN) Wilayah Sumatera Selatan menggelar rapat pemeriksaan terhadap tujuh notaris di Ruang Rapat Kanwil Kemenkumham Provinsi Sumsel sebagai respons atas permintaan pihak Kepolisian di daerah itu.

"Rapat itu sebagai tindak lanjut dari surat yang masuk dari penyidik Kepolisian terkait dengan permohonan izin persetujuan pemanggilan notaris dan izin permintaan fotokopi minuta akta," kata Kakanwil Kemenkumham Sumsel Ilham Djaya di Palembang, Selasa.

Dia menjelaskan, rapat pemeriksaan notaris itu dipimpin Wakil Ketua MKN Sumsel Ahmad Wasil dari unsur notaris, diikuti dan dihadiri anggota MKN Ika Ahyani Kurniawati selaku Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM mewakili unsur pemerintah, Siti Hikmah Nuraeni mewakili unsur notaris, Lius Eka Brahma Saputra mewakil unsur notaris, dan AKBP Heri Yuniawan dari unsur ahli/Kepolisian.

Agenda rapat tersebut menindaklanjuti hasil pemanggilan dan pemeriksaan terhadap tujuh notaris untuk didengarkan keterangannya secara langsung berkaitan dengan adanya dugaan tindak pidana yang berkaitan dengan minuta akta dan/atau surat-surat yang dilekatkan pada minuta akta atau protokol notaris dalam penyimpanan notaris.