Warga Palembang antusias nyoblos, ramaikan setiap TPS

id Pilpres,Pemilu,Pemilu 2019,kpu kota palembang

Seorang ibu mengendong anaknya meninggalkan TPS 80 di RT 48, Kelurahan Bukit Sangkal Palembang, Rabu. (Antara News Sumsel/Dolly Rosana/19)

Palembang (ANTARA) - Warga Kota Palembang antusias mencoblos pada Pemilu 2019 dengan meramaikan setiap Tempat Pemungutan Suara sejak Rabu pagi.

Mereka berbondong-bondong ke TPS, mulai dari ibu-ibu yang membawa serta anaknya, para remaja millenial hingga yang sudah berusia lanjut.

Yulia, pensiunan guru SMA 14 Palembang, mengatakan, semangatnya mencoblos pada Pemilu 2019 ini karena ingin menyalurkan aspirasi politik sebagai warga negara.

"Tentu lebih semangat tahun ini, karena persaingan jauh lebih ketat jadi masyarakat harus ikut mengawasi," kata Yulia yang dijumpai di TPS 80 kawasan Saptamarga Palembang.

Ia berharap apa pun hasil pemilu ini tidak membuat masyarakat terpecah belah karena sejatinya Pemilu ini untuk menjadikan Indonesia lebih baik.

"Harapan saya, tetap damai Indonesia ini," kata dia.

Kegembiraan juga dirasakan Soleha (24). Sebagai kalangan millenial, ia merasakan pemilu kali ini jauh lebih meriah dibandingkan sebelumnya saat pertama kali menyalurkan hak pilih.

"Seru, tahun ini Pemilu-nya seru. Di media sosial apalagi, tiap hari yang dibahas soal Pilpres. Tapi saya sudah punya pilihan sendiri," kata mahasiswa Universitas Terbuka di Palembang ini.
Warga mendatangi TPS 80 di RT 48, Kelurahan Bukit Sangkal, Palembang, Rabu. (Antara News Sumsel/Dolly Rosana/19)


Warga lainnya, Rachmad Kurniawan mengatakan Pemilu 2019 menjadi kali keduanya ia mencoblos setelah pertama kali pada Pilkada Serentak tahun 2018. Meski demikian, ia tetap antusias seperti kali pertama.

"Secara umum saya sudah paham cara mencoblos, hanya saja memang tidak untuk nama para caleg saya tidak banyak kenal, tapi saya tetap pilih di antara mereka," ujar Rachmas yang mencoblos di TPS 32 jalan Muhajirin IV Kelurahan Lorok Pakjo Kecamatan IB I Kota Palembang.

Ia berharap hasil pemilu 2019 ini dapat diterima semua pihak dengan sama-sama menjaga ketertiban dan keamanan.

"Siapa pun yang terpilih bisa menjalankan tanggung jawabnya kelak, itu harapan saya," kata dia.


Komisioner Komisi Pemilihan Umum Kota Palembang, Sumatera Selatan mengingatkan warga untuk menyalurkan suara dengan mendatangi Tempat Pemungutan Suara pada 17 April 2019.

"Pemilu merupakan momentum langka yang hanya ada setiap lima tahun, momentum tersebut diharapkan tidak dilewatkan begitu saja," kata anggota KPU Palembang Divisi Sosialisasi, Partisipasi Masyarakat dan SDM, Yetty Oktarina di Palembang, Rabu.

Dalam Pemilu 2019 ini, masyarakat memilih sekaligus anggota legislatif, presiden dan wakil presiden. Di Palembang terdapat 1,2 juta pemilih yang tersebar di 4.805 TPS.
Pewarta :
Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar