Keluarga BUMN diajak transaksi pakai LinkAja

id HUT KemenBUMN, Pelindo III, GOR Sidoarjo, Keluarga BUMN,linkaja

Salah satu peserta yang mengaktifkan aplikasi LinkAja pada peringatan HUT ke-21 KemenBUMN di GOR Sidoarjo, Minggu (7/4/2019). (Ist)

Sidoarjo (ANTARA) - Direktur Utama Pelindo III Doso Agung, selaku koordinator acara rangkaian HUT Ke-21 Kementerian BUMN mengatakan, peserta keluarga besar BUMN dan pelaku usaha kecil menengah (UKM) yang ikut, telah terdaftar dan mengaktivasi aplikasi LinkAja.

"Bahkan selama acara seluruh transaksi pembelian makanan dan minuman di 140 tenant UKM lokal sudah menggunakan LinkAja. Hal ini memperlihatkan bahwa LinkAja siap memperlancar pembayaran cashless baik di tenant modern, hingga di UKM lokal," katanya pada kegiatan di GOR Delta Sidoarjo, Minggu.

Ia mengemukakan, selain mengabarkan penggunaan LinkAja di segmen konsumen retail, sinergi teknologi finansial antar BUMN juga ditingkatkan pada segmen kerja sama B to B (business to business).

"Belum lama ini, Pelindo III dan BNI telah menyepakati kerja sama program supply chain financing. Jadi BNI akan membiayai tagihan pengguna jasa pelabuhan, meski sebelum jatuh tempo. Sinergi ini untuk meningkatkan kelancaran dan efisiensi bisnis logistik," ujarnya.

Menurutnya, Pelindo III juga telah menerapkan penggunaan aplikasi Integrated Billing System (IBS) di pelabuhan-pelabuhan yang dikelola sejak 2017 lalu.

Aplikasi IBS mencakup berbagai layanan pembayaran para pengguna jasa di pelabuhan. Mulai dari e-registration, e-booking, e-payment, e-billing, e-care, hingga e-tracking.

"Sinergi BUMN berpotensi besar untuk meningkatkan efisiensi proses bisnis antar-BUMN dan layanan. Sehingga manfaat yang didapat juga akan dirasakan oleh para pengguna jasa BUMN, dan tentunya masyarakat luas sebagai perwujudan BUMN Hadir untuk Negeri," katanya.

Pada kegiatan itu juga dihadiri oleh Menteri BUMN Rini Sumarno, Bupati Sidoarjo Saiful Ilah, Kapolresta Sidoarjo Komisaris Besar Polisi Zain Dwi Nugroho serta sejumlah direksi BUMN.

Tak ketinggalan, komedian Cak Lontong dan juga artis Nella Kharisma juga turut hadir memeriahkan kegiatan yang berlangsung pada hari ini.*




 
Pewarta :
Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar