Nvidia akuisisi Mellanox 6,9 miliar dolar

id NVIDIA,NVIDIA akan mengakuisisi perusahaan mellanox,komputasi kinerja tinggi,saham mellanox,GPU NVIDIA,CEO NVDIA,Jensen Huang

Nvidia akuisisi Mellanox 6,9 miliar dolar

Produsen chip grafis NVIDIA akan mengakuisisi perusahaan solusi jaringan Mellanox. (ANTARA/Reuters)

Jakarta (ANTARA) - Produsen chip grafis NVIDIA akan mengakuisisi perusahaan solusi jaringan Mellanox dengan nilai transaksi 6,9 miliar dolar AS atau sekira Rp98,2 triliun dalam bentuk tunai.

Itu berarti, NVIDIA akan mengambil alih semua saham biasa yang beredar dan diterbitkan Mellanox dengan harga 125 dolar atau sekitar Rp1,7 juta per saham. Transaksi tersebut diharapkan akan menambah margin kotor dan arus kas NVIDIA ke depan.

Akuisisi itu akan menyatukan dua perusahaan terkemuka dunia dalam komputasi kinerja tinggi (HPC). Bersama-sama, platform komputasi NVIDIA dan interkoneksi Mellanox menguasai lebih dari 250 super komputer TOP500 dunia dan memiliki pelanggan penyedia layanan cloud dan pembuat komputer.

Data dan intensitas komputasi beban kerja modern dalam kecerdasan buatan (/AI), komputasi ilmiah, juga analitik data tumbuh secara eksponensial serta telah menempatkan tuntutan kinerja yang sangat besar pada pusat data hyperscale dan perusahaan.

Sementara itu, permintaan komputasi melonjak, kemajuan kinerja CPU melambat karena hukum Moore --hukum yang menjelaskan tingkat pertumbuhan kecepatan mikroprosesor-- telah berakhir. Itu telah menyebabkan adopsi komputasi yang dipercepat dengan GPU NVIDIA dan solusi jaringan cerdas Mellanox.

Pusat data di masa depan akan dirancang sebagai mesin komputasi raksasa dengan puluhan ribu node komputasi, dirancang secara holistik dengan interkoneksinya untuk kinerja optimal.

"Munculnya AI dan ilmu data, serta miliaran pengguna komputer secara bersamaan, memicu permintaan yang meroket di pusat data dunia," kata pendiri dan CEO NVDIA Jensen Huang dalam pernyataan resmi, dikutip Senin.

Sebagai inovator awal dalam teknologi interkoneksi berkinerja tinggi, Mellanox memelopori teknologi interkoneksi InfiniBand, yang bersama dengan produk-produk Ethernet berkecepatan tinggi sekarang digunakan di lebih dari setengah super komputer tercepat di dunia dan di banyak pusat data hyperscale terkemuka.

Dengan Mellanox, NVIDIA akan mengoptimalkan beban kerja skala pusat data di seluruh komputasi, jaringan, dan tumpukan penyimpanan untuk mencapai kinerja yang lebih tinggi, pemanfaatan yang lebih besar, dan biaya pengoperasian yang lebih rendah bagi pelanggan.

Bersama Mellanox, NVIDIA menyediakan solusi komputasi pusat data skala tinggi generasi mendatang.