Gubenur Sumsel ajak masyarakat naik LRT

id bpjs,lrt,gubernur sumsel,berita sumsel,berita palembang,antara sumsel,antara palembang,naik kereta layang ringan

Masyarakat menikmati perjalanan dengan Light Rail Transit (LRT). (ANTARA News Sumsel/Feny Selly/Ang/18)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru mengajak masyarakat untuk naik kereta layang ringan (LRT) karena selain nyaman juga terhindar dari kemacetan lalulintas.

"Saya sudah mencoba naik kereta listrik tersebut dan memang aman dan nyaman. Bahkan pelayanannya juga cukup baik," kata Gubernur di Palembang, Rabu.

Oleh karena itu dirinya mengajak seluruh lapisan masyarakat Sumsel, khususnya warga Kota Palembang untuk memanfaatkan fasilitas kereta tersebut sebagai moda transportasi.

Keberadaan moda transportasi kereta listrik yang ada di Kota Palembang itu merupakan aset yang bernilai mengingat di Indonesia baru ada di ibu kota Provinsi Sumsel.

Bahkan, lanjut gubernur, kereta layang ringan tersebut menghabiskan dana triliunan rupiah sehingga perlu dirawat.

"Sayang bila aset itu kalau tidak dimanfaatkan. Jadi tugas saya sekarang mengajak masyarakat untuk menggunakannya agar tidak menjadi aset yang mubazir," ujar dia.

Dia menjelaskan, jika dilihat dari hasil pendapatan yang diperoleh pihak PT Kereta Api Indonesia (KAI) tidak sebanding dengan biaya operasional yang dikeluarkan.

Berdasarkan laporan biaya operasional yang dikeluarkan mencapai senilai Rp9 miliar atau untuk biaya listriknya saja terpaksa nombok.

Meski kereta listrik tersebut dikelola PT KAI, namun Pemerintah Provinsi Sumsel memiliki tanggung jawab moril untuk merawat dan mengoptimalkan penggunaan LRT itu, tambah dia.

Pemerintah pusat selesai membangun fasilitas LRT tersebut pada 2018 atau menjelang Asian Games 2018 yang digelar di Jakarta dan Palembang pada Agustus 2018.
Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar