Pemkot Palembang "bedah rumah" tata daerah kumuh

id Pemkot Palembang,Bedah Rumah,Sekda Palembang,Harobin Mastofa,berita sumsel,berita palembang,antara sumsel

Pemkot Palembang "bedah rumah" tata daerah kumuh

Arsip- Rumah warga mengikuti program bedah rumah oleh Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman Kota Palembang. (ANTARA News Sumsel/Kiki Wulandari/Erwin)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Pemerintah Kota Palembang, Sumatera Selatan berupaya melanjutkan program "Bedah Rumah" untuk membantu perbaikan rumah warga miskin dan melakukan penataan daerah kumuh.

"Program Bedah Rumah pada tahun ini diupayakan berjalan lebih baik lagi dengan menyesuaikan kondisi keuangan daerah," kata Sekda Palembang Harobin Mastofa, di Palembang, Senin.

Ia menjelaskan, untuk menjalankan program tersebut, selain menggunakan dana APBD, pihaknya juga didukung dana zakat dengan menggandeng Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) kota setempat.

Kegiatan perbaikan rumah warga miskin itu secara bertahap dilakukan di sejumlah daerah yang terdapat banyak kawasan kumuh sehingga ke depan diharapkan tidak ada lagi daerah kumuh, kata Sekda.

Sementara Ketua Baznas Kota Palembang Said Marhadan menambahkan program "bedah rumah" yang dijalankan bersama Pemkot Palembang sejak dua tahun terakhir akan dilanjutkan.

Untuk melakukan kegiatan perbaikan rumah warga miskin itu pihaknya menyiapkan dana bantuan untuk membeli bahan bangunan sebesar Rp50 juta per unit.

Selain program "bedah rumah", dana zakat yang dikumpulkan dari warga Palembang juga digunakan untuk kegiatan khitanan massal, bantuan berobat dan sekolah kepada anak-anakkeluarga miskin, dan beberapa program sosial lainnya, kata Said.