Palembang segera prioritaskan pariwisata olahraga

id Triathlon,Pariwisata,olahraga

Palembang segera prioritaskan pariwisata olahraga

Komisaris ROCCA - Palembang Triathon 2019, Arlan Lukman (tengah) dalam acara bincang tokoh bertema “Palembang Menyongsong 2019” di Musi Mania Cafe & Resto di Palembang, Minggu malam (23/12). (ANTARA News Sumsel/Fernando Tri Tanjung/Erwin Matondang/18.)

Palembang (ANTARA News Sumsel) – Komisaris ROCCA – Palembang Triathlon

2019, Arlan Lukman mengatakan di tahun 2019 mendatang, Sport Tourism (pariwisata olahraga) akan menjadi primadona  dan mejadi prioritas khususnya di Palembang.

“Di tahun 2019 dan seterusnya pariwisata olahraga akan menjadi primadona karena pariwisata saat ini berada di peringkat dua di Indonesia sebagai penghasil devisa setelah kelapa sawit,” kata Arlan Lukman ketika menjadi narasumber di bincang tokoh bertema “Palembang Menyongsong 2019” di Musi Mania Cafe & Resto Palembang, Minggu malam (23/12).

Ia mengatakan prioritas pariwisata olahraga telah terlihat dari pembangunan infrastruktur Indonesia yang menuju kearah kesiapan pariwisata.

“Komponen yang terlibat dalam pariwisata ini yakni kepedulian pemerintah daerah dan peran pengusaha yang harus bersinergi dengan masyarakat,” jelas Arlan.

Ia mengatakan Palembang memiliki tiga basis dasar untuk pariwisata olahraga diantaranya attraction, accessibility, dan amenities.

“Untuk attraction, Palembang memiliki atraksi budaya, kuliner, musik dan lainnya, lalu accessibility, Palembang memiliki pelabuhan, bandara, LRT, transportasi, bus khusus dan lainnya serta aminities seperti hotel-hotel di Palembang,” jelasnya.

Ia mengatakan beberapa waktu lalu telah berbincang dengan asosiasi pengusaha hotel dan restoran dan menegaskan bahwa hotel-hotel di Palembang siap menampung hingga 2000 peserta Triathlon.

“Jika ketiga basis dasar ini kita kombinasikan, kota Palembang akan semakin siap dalam menyelenggarakan Triathlon ini,” tegasnya.

Ia mengatakan Triathlon terbesar di Indonesia saat ini ada di Bali dan Bintan yang terbesar dalam jumlah peserta.

“Bahkan di Bali yang industri hotelnya besar hanya dapat menampung maksimal 1000 peserta karena fasilitas olahraganya kurang mumpuni,” ujarnya.

Arlan mengatakan Palembang menurut perhitungan di tahun 2018 ini telah berhasil menyelenggarakan Asian Games, dengan standar yang telah berkelas Asia.

“2019 kita siap menampung 500 peserta Triathlon dan 2022 ditargetkan siap menampung 1500 peserta Triathlon,” ujar Arlan.

Arlan menambahkan Triathlon di Palembang kali ini akan menjadi Triathlon terbesar dan terunik di Indonesia karena satu-satunya Triathlon yang diselenggarakan di dalam kota.

Pewarta :
Editor: Erwin Matondang
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar