Menteri Puspayoga berharap ICSB dorong lahirnya UKM berorientasi ekspor

id Puspayoga,icsb,Menteri Koperasi dan UKM,ukm indonesia,umkm,berita sumsel,berita palembang,antara sumsel,antara palembang

Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah AA Gede Ngurah Puspayoga. (ANTARA FOTO/Irsan Mulyadi)

Jakarta (ANTARA News Sumsel) - Menteri Koperasi dan UKM Puspayoga berharap International Council For Small Business (ICSB) bisa melahirkan UKM eksportir atau pengusaha skala UKM yang berorientasi ekspor. "Di Indonesia sudah banyak asosiasi yang menaungi UKM, namun kehadiran ICSB akan semakin membuka akses UKM menembus pasar regional bahkan internasional," kata Menkop dan UKM Puspayoga dalam keterangan tertulis di Jakarta, Minggu.

Puspayoga menyadari jaringan ICSB yang sudah menyebar ke 85 negara, dimana Indonesia melalui Hermawan Kartajaya Chairman ICSB Indonesia dipercaya menjadi Ketua ICSB Asia.

Menteri Puspayoga menjelaskan untuk UKM yang berorientasi ekspor, pemerintah dalam hal ini Kemenkop dan UKM bersama Kemenkeu dan Kemenperin memiliki program bernama KITE (Kemudahan Impor Tujuan Ekspor).

Dalam program itu UMKM bisa mendapatkan bahan baku impor dengan Bea Masuk (BM) nol persen, asalkan produk hilirnya nanti ditujukan untuk ekspor.

Oleh karena itu, Puspayoga berharap ICSB bisa mendorong para pelaku UMKM untuk bisa memanfaatkan program-program pemerintah sehingga bisa melakukan ekspor produk unggulan yang dihasilkannya.

Sebelumnya Chairman ICSB Hermawan Kartajaya mengatakan, ICSB ditargetkan berdiri di kabupaten/kota seluruh Indonesia sampai akhir tahun depan.

"Jadi nanti akan ada korwil di tingkat provinsi dan 540 ICSB di kabupaten dan kota," kata Hermawan.

ICSB yang berpusat di Washington DC AS akan menjadi payung bagi berbagai asosiasi yang membina UMKM. "Oleh karena itu untuk kepengurusannya, saya melibatkan semua pihak dari pemerintah, Kadin, Dekranas, perguruan tinggi, dan lain lain," katanya.

Saat ini dari 34 provinsi, sudah terbentuk pengurus ICSB di tiga provinsi yaitu Bali, Bandung, Babel, sekaligus juga ada pengurus tingkat kabupaten/kota di tiga provinsi tersebut. Bulan ini juga siap dilantik kepengurusan ICSB Banten.Budi Suyanto
Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar