Masih ada 184 ribu keluarga miskin di Palembang

id miskin,keluarga miskin,pemkot palembang

Masih ada 184 ribu keluarga miskin di Palembang

Ilustrasi (ANTARA)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Angka kemiskinan di Sumsel masih tinggi, termasuk di Palembang dengan data terakhir mencapai 184 ribu kepala keluarga pada 2017.

"Saat ini angka kemiskinan di Kota Palembang masih cukup tinggi yakni sekitar 184 ribu kepala keluarga, karena Palembang merupakan kota besar dan ibu kota Sumsel," ujar Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Palembang, Harrey Hadi, Kamis. 

Namun, angka kemiskinan ini menurun dibandingkan tahun 2016 yang mencapai 200 KK. Ia mengaku tidak mudah menurunkan angka kemiskinan ini apalagi hampir 10 persen setiap tahunnya. 

"Setiap tahunnya kami terus berusaha menurunkan angka kemiskinan sebesar 10 persen," katanya.

Menurutnya, pengentasan kemiskinan masuk dalam program visi misi palembang emas darussalam. Adapun program yang dilakukan membangun ekonomi umat dengan menjalankan sholat subuh berjamaah di masjid.

Menurutnya, dengan subuh berjamaah di masjid maka mempercepat penanggulangan kemiskinan di kecamatan RT dan RW. Selain itu, program gotong royong.

Program gotong royong ini juga menjadi lokomotif percepatan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

"Kami harap program ini berjalan efektif di setiap kawasan di Kota Palembang," ujarnya.

Selain itu dari dinas sosial juga berupa bantuan program keluarga harapan (PKH), bantuan pangan non tunai (BPNT). Serta membuka lapangan kerja melalui job fair untuk mengurangi tingkat pengangguran. 

Ia juga mengaku saat ini pihaknya juga terus gencar membangun dan memanfaatkan infrastruktur seperti pendidikan, kesehatan dan lain sebagainya. Apalagi, di tahun 2019 mendatang APBD Palembang mencapai Rp 4,8 triliun.

"Dari anggaran tersebut nantinya ratusan miliar akan dialokasikan sesuai instansi untuk penanggulangan kemiskinan," terangnya.